Penyuluhan Dan Pelatihan Peningkatan Manajemen Usaha Melalui Pemberdayaan Pengelolaan Keuangan Dan Digital Marketing Pada UMKM Akrab Jaya, Kecamatan Bangsalsari Jember

UMKM Akrab Jaya Saat Diselenggarakan

MEMOPOS.com,Jember - Sabtu, 13 Agustus 2022, mulai pukul 09.30, di UMKM Akrab Jaya telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dari Tim Dosen Jurusan Kesehatan, Politeknik Negeri Jember. Kegiatan ini terdiri dari penyuluhan dan pelatihan guna peningkatan manajemen usaha melalui pemberdayaan pengelolaan keuangan dan digital marketing pada UMKM Akrab Jaya. 

UMKM Akrab Jaya merupakan salah satu usaha micro, kecil dan menengah yang baru berjalan kurang lebih 3 (tiga) tahun, berlokasi di Bangsalsari, Jember. UMKM Akrab Jaya menjual produk berupa frozen food kepada konsumen. Produk yang ditawarkan adalah tahu kotak, lumpia, super tofu, martabak dan siomay. Terdapat 6 (enam) reseller UMKM Akrab Jaya. Setiap reseller berjualan di daerah yang berbeda. 

Adapun lokasi penjualan reseller adalah daerah tanggul, mangli, pakem, patrang, balung dan ajung yang mana semua lokasi masih berada disekitaran Jember. Bapak Faris selaku owner UMKM Akrab Jaya menyampaikan, “selama UMKM Akrab Jaya berdiri, belum pernah melakukan pembukuan terkait pengelolaan keuangan baik secara manual maupun digital”. Hal ini dikarenakan menurut owner kurangnya pengetahuan terkait pengelolaan keuangan serta manajemen usaha dengan benar.

Kesulitan dalam pemasaran produk oleh UMKM Akrab Jaya juga dirasakan saat pandemi covid-19. Selama pandemi covid-19, pemasaran dengan pemesanan melalui nomor handphone tidak dapat dilakukan setiap hari, sedangkan produksi dilakukan setiap hari, yang mana berdampak jika produk tidak habis terjual, maka akan disimpan di dalam freezer untuk dilakukan penjualan esok hari. Kurangnya pengetahuan dan pengalaman digital marketing membuat UMKM Akrab Jaya kesulitan menjangkau target pasar/konsumen yang berada di dalam maupun di luar daerah Jember.

Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat, Erna Selviyanti dalam kegiatan penyuluhan menyampaikan 

“Keterbatasan UMKM Akrab Jaya akan pengetahuan pengelolaan keuangan dan pencatatan keuangan salah satunya akan berdampak dalam mengarahkan goal/target serta mengembangkan usaha yang telah dijalankan”. Program Pengabdian Masyarakat ini dibagi menjadi tiga penyuluhan dan pelatihan. Pertama adalah penyuluhan pengetahuan laporan keuangan dan pelatihan pengelolaan keuangan. Kedua adalah penyuluhan dan pelatihan penggunaan aplikasi financial technology, dalam kegiatan ini adalah aplikasi DANA. Ketiga adalah penyuluhan dan pelatihan penggunaan aplikasi digital marketing yaitu aplikasi Shopee. Acara penyuluhan dan pelatihan di hadiri oleh 21 orang UMKM Akrab Jaya, terdiri dari ketua dan 20 pegawai yang bekerja di UMKM Akrab Jaya. 

Setiap kegiatan penyuluhan peserta diberikan soal pre test untuk mengetahui pengetahuan peserta terhadap topik materi yang akan disampaikan. Selanjutnya saat kegiatan pelatihan, peserta diberikan pemaparan materi tentang laporan keuangan, aplikasi DANA dan aplikasi Shopee, yang mana masing-masing materi dilakukan selama kurang lebih 15 menit. Setelah pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan pengelolaan keuangan yang terdiri dari laporan posisi keuangan, laporan laba rugi dan catatan atas laporan keuangan. Kegiatan berikutnya pelatihan aplikasi DANA dan aplikasi Shopee berupa install, menginformasikan fitur-fitur yang ada pada aplikasi DANA dan aplikasi Shopee serta mencoba membuat akun.Diakhir setiap kegiatan, tim pengabdian masyarakat mengadakan posttest. Posttest diberikan setelah sesi tanya jawab dan pelatihan. Respon owner dan pegawai UMKM Akrab Jaya sangat antusias dalam mengikuti serangkaian penyuluhan dan pelatihan yang diberikan oleh tim pengabdian masyarakat. Adanya penyuluhan dan pelatihan ini meningkatkan pengetahuan dan skill peserta dalam memasarkan produk UMKM Akrab Jaya. Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat menyampaikan “Harapannya kedepan wilayah pemasaran UMKM Akrab Jaya bertambah luas dengan adanya penjualan melalui aplikasi Shopee dan dengan adanya pemahaman penggunaan aplikasi DANA, peserta mendapatkan keringanan dalam bertransaksi baik dalam transaksi penjualan maupun penggajian pegawai UMKM Akrab Jaya”.

Related

Opini 5615208035603074025

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item