Dukung Potensi Yang Ada Di Blora, Kapolres Berkolaborasi Bersama Samin Institute Cek Desa Percontohan Pertanian Berbasis Organik

Tampak Kapolres Blora Saat Berkolaborasi 

MEMOPOS.com,Blora - Kapolres Blora Polda Jawa Tengah AKBP Fahrurozi,SIK,MM,MH didampingi Kasat Binmas AKP Sudarto dan Kapolsek Kedungtuban AKP Sujiharno dan Kasat Lantas AKP Noach Hendrik bersama mahasiswa dari Samin Institute melaksanakan peninjauan desa percontohan pertanian berbasis organik di desa Sidorejo Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora, Jumat, (18/11/2022).

Adapun kegiatan tersebut dilakukan untuk melihat potensi yang ada di kabupaten Blora baik potensi Sumber Daya Alam ataupun Sumber Daya Manusia yang ada di kabupaten Blora dengan tujuan agar bisa lebih berdayaguna dan bermanfaat lebih luas. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Forkopincam Kedungtuban, Kepala Desa Sidorejo Bapak Agung Heri Susanto,ST bersama perwakilan kepala desa di kecamatan Kedungtuban dan perangkat desa setempat.

AKBP Fahrurozi mengungkapkan bahwa kehadirannya hari ini blusukan di desa Sidorejo adalah salah satu sinergitas dengan generasi muda dalam rangka membantu Pemkab Blora untuk menggali dan mengembangkan potensi yang ada. "Kita tinjau salah satu desa di Blora Selatan disini ternyata sudah menerapkan pertanian dengan basis organik. Dan hasilnyapun sudah bisa dirasakan oleh warga. Harapannya dapat bantu kita promosikan dan kembangkan," ungkap Kapolres Blora.

Adapun kegiatan yang dilakukan adalah meninjau tanaman padi organik, kemudian dilanjutkan memantau lokasi produksi pupuk organik dan meninjau apotik hidup holtikultura dan kebun milenial serta mengecek hasil atau produk dari pertanian dengan sistem organik.

Kepala Desa Sidorejo Agung Heri mengaku senang dengan kedatangan Kapolres beserta rombongan ia menceritakan bahwa pelaksanaan pertanian dengan sistem organik ini sudah berjalan di desa Sidorejo dan saat ini sudah ada 40 warga yang melaksanakan sistem tersebut dan hasilnyapun bagus. "Saat ini sudah ada 40 warga yang menerapkan sistem pertanian organik, dan hasilnyapun bagus," ucap Kepala Desa Sidorejo.

Selain padi organik masih ada banyak tanaman herbal dan milenial yang terus dikembangkan dan salah satu kendala yang dihadapi adalah pemasaran. Kepala Desa Sidorejo berharap dengan kedatangan Bapak Kapolres bersama Samin Institute dapat membantu pemasaran sehingga pertanian sistem organik ini bisa terus berkembang.

"Jika ini bisa berkembang maka kita akan bisa mewujudkan desa yang mandiri yang punya produksi tanaman pangan, tanaman herbal dan milenial dengan tujuan meningkatkan taraf hidup warga," tandas Kepala Desa.

(Ardy/yang) 

Related

Metropolis 827701607150553347

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item