Mengingat Kembali Tragedi Sukorejo Jelang Sidang Putusan, Pesilat PSHT Dan Pagar Nusa Jadi Terdakwa

Anggota Pagar Nusa lakukan sholat di Halaman PN Banyuwangi

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Kasus bentrokan antara dua perguruan silat, PSHT dan Pagar Nusa telah memasuki sidang putusan.

Sidang putusan untuk pesilat Pagar Nusa sesuai jadwal digelar Rabu 5 Oktober 2022 di Pengadilan Negeri Banyuwangi.

Saat ini ratusan anggota pesilat Pagar Nusa menggelar istighosah di depan Pengadilan Negeri Banyuwangi sebagai bentuk dukungan kepada kawan - kawan mereka yang jadi terdakwa.

Kembali ke belakang sebelum kasus ini masuk ranah persidangan di Pengadilan Negeri Banyuwangi, penyelidikan dan penyidikan bentrokan antara PSHT dan Pagar Nusa tidak hanya terkait soal korban tewas dan terluka.

Selain melakukan penyelidikan dan penyidikan kasus dugaan tindak pidana pasal 170 KUHP yang mengatur tentang pengeroyokan, aparat juga menyidik tentang dugaan pelanggaran lain.

"Ada beberapa LP (laporan polisi), pertama tentang pengeroyokan terhadap meninggalnya orang, pengerusakan terhadap mushola, kemudian yang diduga padepokan, dan 170 KUHP terhadap orang yang mengakibatkan luka," beber Kapolresta Banyuwangi saat itu, Kombes Nasrun Pasaribu.

Aparat telah menyidik peristiwa bentrokan di Dusun Sukomukti, Desa Sukorejo, Kecamatan Bangorejo, dengan ancaman pasal 170 KUHP dan pasal 406 KUHP.

Khusus untuk laporan 406 KUHP ada dua laporan polisi yang berbeda. Yakni tentang pengerusakan terhadap mushola dan padepokan.

Peristiwa pengerusakan bangunan ini terjadi pada Rabu 9 Maret 2022 petang pasca keributan pada Rabu sore di Desa Sukorejo, Kecamatan Bangorejo.

Terkait dugaan pengeroyokan yang mengakibatkan meninggalnya orang terjadi pada bentrokan Kamis 10 Maret 2022 dinihari. Kebetulan korban yang meninggal dunia dari pesilat PSHT.

Terkait pengeroyokan dengan korban luka, tidak dijelaskan secara detail. Sekitar 25 orang ditetapkan sebagai tersangka dari bentrok PSHT dan Pagar Nusa di Desa Sukorejo.(Im)

Related

Headline 5403175751646570550

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item