Desa Kandangan Diterpa Bencana Alam Akibat Curah Hujan Tinggi

Beberapa Rumah di Desa Kandangan Tergenang Air Hujan

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Curah hujan tinggi yang terjadi di Desa Kandangan,Kecamatan Pesanggaran sejak seminggu yang lalu mengakibatkan bencana tanah longsor di sejumlah titik berbeda.selain longsor, khususnya di daerah yang berdekatan sungai juga mengakibatkan banjir yang di khawatirkan akan meluap,(08/10/2022).

Kepala Desa Kandangan,Riyono,SH. yang turun langsung di lokasi bencana ikut serta  membantu warganya bergotong royong, mengatakan" akibat hujan deras yang terjadi seminggu ini dan peningkatan debit air dari sungai mengakibatkan tanah longsor di dusun Sumberdadi,ada enam titik sementara,dan tidak menutup kemungkinan jika hujan terus berlanjut,maka di prediksi akan ada susulan longsor yang lebih besar.

lebih lanjut Riyono mengatakan"Ada beberapa daerah terdampak meluapnya Sungai akibat banjir yang berdampak pada dua jembatan darurat yang di bangun pasca bencana di beberapa waktu lalu yaitu jembatan penghubung dan jembatan gantung mengalami kerusakan parah.adapun erosi yang hampir menghantam pemukiman penduduk.maka dari itu harapan saya kepada instansi terkait untuk lebih memperhatikan Desa kami terutama di dusun Sumberdadi".pintanya.

Belum di ketahui berapa kerugian material dari dampak bencana ini.yang jelas ada beberapa rumah yang terdampak longsor,rusaknya dua jembatan dan infrastruktur lainnya.

Para relawan bahu membahu bersama warga telah bersiap siaga di titik-titik rawan.persiapan evakuasi warga masyarakat yang membutuhkan bantuan mulai di antisipasi.tampak Kepala Desa Bersama anggota TNI dan Polri sigap bekerjasama membaur bersama masyarakat tanpa pamrih.

Sampai berita ini di rilis,belum ada tanda-tanda ketinggian air surut dampak banjir di pemukiman.untuk itu warga di himbau agar tetap waspada.dan merujuk pada kejadian bencana alam di Desa Kandangan yang terjadi beberapa waktu lalu,maka setiap ada keperluan penanganan kejadian bencana alam bisa langsung ke posko induk, jadi seluruh relawan dari instansi terkait akan terkoordinasi di posko yang ada.

Adapun untuk longsor dampak intensitas curah hujan tinggi.dan berpotensi akan ada bencana susulan,sebaiknya pemerintah melalui instansi terkait,segera mengambil langkah tepat dan cepat agar tidak terjadi korban jiwa.terlebih menurut informasi terbaru,hewan ternak dan hektaran tanaman petani tenggelam.sangat memprihatinkan,di saat pupuk bersubsidi langka,mereka harus berjibaku dengan bencana dan air mata.(Im

Related

Headline 8223511020429534689

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item