Rekrutmen Panwascam, Bawaslu Banyuwangi Terapkan CAT Sistem Gugur

Anang Lukman Afandi (kiri), Ketua Pokja Rekrutmen Panwascam Bawaslu Banyuwangi

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banyuwangi mulai membuka pendaftaran calon panitia pengawas pemilu kecamatan (Panwascam) untuk Pemilu 2024 mendatang.

Dalam proses rekrutmen Panwascam kali ini, Bawaslu Banyuwangi akan menerapkan tes Computer Assisted Test (CAT) dengan sistem gugur.

Ketua Pokja Rekrutmen Panwascam Bawaslu Banyuwangi, Anang Lukman Afandi mengatakan, pendaftaran calon anggota Panwascam dibuka selama 7 hari mulai tanggal 21 hingga 27 September 2022. 

Bawaslu akan merekrut sejumlah 75 komisioner Panwascam yang ditempatkan di 25 Kecamatan yang ada di Banyuwangi.

“Mulai pembukaan pendaftaran mulai hari ini 21 September 2022 selama 7 hari ke depan. Kita buka jam 9 pagi sampai jam 5 sore,” jelasnya, saat dikonfirmasi wartawan, Rabu, (21/9/2022).

Anang menjelaskan, ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi calon pendaftar Panwascam. Diantaranya harus berstatus warga Negara Indonesia berusia minimal 25 tahun. Jenjang pendidikan minimal SLTA atau sederajat.

“Tidak menjadi anggota partai politik atau tim kampanye. Atau sudah mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik atau tim kampanye setidaknya lima tahun,” tegasnya.

Menurutnya, Bawaslu akan memilih 3 komisioner Panwascam di masing-masing kecamatan. "Total ada 75 komisioner panwascam yang akan kita pilih dari 25 kecamatan yang ada di Banyuwangi," imbuhnya. 

Kendati demikian, Bawaslu tidak membatasi jumlah pendaftar selama yang bersangkutan memenuhi syarat. Pendaftar bisa datang langsung ke kantor Bawaslu Banyuwangi di Jl. Dr. Soetomo 42, Banyuwangi.

Setelah lolos seleksi administrasi, lanjutnya, pendaftar akan mengikuti tes Computer Assisted Test (CAT) dengan sistem online.

Menurut Anang, ada perbedaan dalam tes CAT kali ini dengan tes CAT pada pemilu sebelumnya. "Kalau tes CAT pada Pilkada 2020 tidak menggunakan sistem gugur. Namun CAT kali ini kita terapkan sistem gugur," tegasnya.

Peserta yang mengikuti tes CAT akan diambil 6 orang dengan nilai terbaik di masing-masing kecamatan. Mereka yang dinyatakan lolos berhak mengikuti ke tahap selanjutnya, yakni tes wawancara. 

"Penggunaan sistem CAT ini dengan sistem gugur ini, merupakan bagian dari tranparansi dalam proses rekrutmen Panwascam," tegas Anang.

Selain itu, tambah Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Banyuwangi ini, dalam rekrutmen Panwascam kali ini pihaknya juga memperhatikan keterwakilan perempuan.

Jika dalam waktu 7 hari pendaftaran di salah satu kecamatan belum ada pendaftar perempuan maka akan dilakukan perpanjangan masa pendaftaran selama selama 7 hari.

“Termasuk jika satu Kecamatan belum terpenuhi dua kali kebutuhan misalkan kurang dari 6 orang maka akan kita lakukan perpanjangan masa pendaftaran,” tegasnya.(Im)

Related

Headline 1056472906895580805

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item