Penguatan Manajemen Bisnis dan Tata Kelola Keuangan Berbasis Android Pada Rumah Kopi Banjarsengon (RKB) Jember Analisis Situasi

Tampak Kopi Produk Perkebunan Indonesia

MEMOPOS.com,Jember - Indonesia merupakan produsen kopi urutan keempat dunia, setelah Brasil, Vietnam dan Kolombia. 

Sementara itu, sebagai produk perkebunan Indonesia, kopi berada di urutan keenam setelah kelapa sawit, karet, gula, teh, dan kakao. Industri kopi di Indonesia sekarang ini sudah mulai berkembang dengan pesat, para petani kopi sekarang tidak lagi asal-asalan dalam mengelola atau dalam penanaman kopi sampai pada panen panen. 

Peningkatan kualitas kopi nusantara dipengaruhi oleh semakin banyaknya peminum kopi yang sudah mulai memerhatikan kualitas dari kopi yang mereka minum. 

Semakin maraknya kaum milenial yang mulai menggemari specialty coffee atau kopi arabika yang disajikan tanpa gula, memicu para petani untuk menghasilkan kopi yang berkualitas. Data dari International Coffee Organization (ICO), menunjukkan pertumbuhan peminum kopi di Indonesia berkembang pesat. 

Industri kopi Indonesia mengalami peningkatan pada industri hilir sebagaimana terlihat pada maraknya kafe-kafe dan kedai kopi dewasa ini termasuk khususnya di daerah Ujungberung Bandung bermunculan kedai-kedai kopi baik yang kecil maupun yang besar. Kedai kopi dewasa ini telah mengubah cara masyarakat dalam meminum kopi tidak hanya untuk mengusir kantuk saja tapi sudah menjadi gaya hidup bagi orang tua maupun anak muda. Kopi yang enak tersaji berkat dari keterampilan seorang barista di kedai kopi", Paparnya ke Momo Pos

Identifikasi Tata Kelola Keuangan Berbasis Android Pada Rumah Kopi Banjarsengon (RKB) Jember Kesuksesan bisnis rumah kopi yang belakangan ini mulai menguasai pasar Indonesia, ternyata memberikan angin segar bagi para pemula yang ingin terjun menekuni bisnis serupa. 

Daya beli konsumen yang semakin membaik dan bergesernya gaya hidup masyarakat yang cenderung lebih modern, menjadikan prospek pasar bisnis rumah kopi di Indonesia semakin hari kian bersinar terang, semakin memberikan peluang dan sebagai bisnis yang semakin menjanjikan. Besarnya minat konsumen, dan tingginya keuntungan yang dijanjikan, turut mendorong meningkatnya jumlah pemain bisnis minuman beraroma khas ini, sehingga mengakibatkan persaingan pasarnya berkembang cukup pesat. Kondisi usaha kedai-kedai kopi di sekitar daerah Jember dalam beberapa tahun ini tidak mengalami perkembangan yang signifikan, bahkan beberapa unit usaha mengalami penurunan omzet penjualan dan penurunan keuntungan.

Rumah Kopi Banjarsengon yang sebagai mitra pengabdian masyarakat mengalami permasalahan, yaitu Penurunan kinerja keuangan; Belum melakukan tertib administrasi; Permasalahan dalam pembuatan kopi yang berkualitas sesuai dengan keinginan konsumen karena untuk saat ini permintaan minuman kopi itu sudah sangat beragam. Dengan kondisi inilah tim pengabdian bermaksud melakukan kegiatan pengabdian dengan tujuan untuk membantu meningkatkan kinerja dan omzet Rumah Kopi Banjarsengon. Kegiatan pengabdian ini direncanakan dengan memberikan materi terkait permasalahan usaha kecil sesuai dengan keahlian masing-masing yang meliputi pelatihan manajemen keuangan, pencatatan sederhana, pemasaran produk, dan kompetensi barista. 

Secara rinci, dari identifikasi tersebut di atas yang berhubungan dengan Tata Kelola Keuangan Rumah Kopi Banjarsengon (RKB) Jember, maka perlu adanya penguatan tata kelola keuangan dan manajemen usaha, dimana pelaporan keuangan dan penertiban arsip administrasi usaha perlu adanya sebuah penguatan tata kelola keuangan berbasis android guna membantu mempermudah pelaporan keuangan sebagai upaya peningkatan kinerja usaha dan tata kelola usaha Rumah Kopi Banjarsengon.

Tim Pelaksana : Dosen Polije

Prof. Dr. Ir. Bagus Putu Yudhia Kurniawan, MP (Ketua)

Endro Sugiartono, SE., MM (Anggota)

Ratih Ayuninghemi, S.ST., MT 

(Anggota)

 (Redaksi) 


Related

Opini 6452924772032885283

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item