Pelatihan Pengolahan Minuman Kesehatan Dengan Pemanfaatan TOGA Pada Kelompok Usaha Bersama di Desa Wonoasri Jember

Oleh : dr. Arinda Lironika Suryana., M.Kes., Prawidya Destarianto., S.Kom., MT, Wahyu Kurnia Dewanto, S.Kom, MT, Rihaanatul Humaidah., Amd.Gz

MEMOPOS.com,Jember - Desa Wonoasri memiliki kawasan kampung herbal dan terdapat pemberdayaan kelompok usaha bersama yang memanfaatkan TOGA untuk diolah menjadi minuman herbal sirup rempah “Kraton” yang bernilai ekonomis tinggi. Tanaman Obat Keluarga (TOGA : temulawak, kunyit, jahe, kencur, kelor) menjadi komoditas produk unggulan potensial di desa itu. Namun, seiring perjalanannya usaha ini mulai meredup selama masa pandemi COVID-19. Padahal tingkat potensi wirausaha masyarakat termasuk tinggi. Permasalahan yang tergali dari ketua KUBE adalah produk-produk sejenis banyak beredar di pasaran dengan banyak merek dan harga jual yang lebih murah. Selain itu, keterampilan mengelola TOGA menjadi produk bernilai tambah perlu dioptimalkan serta masih lemahnya pemasaran produk sehingga usaha minuman herbal ini sulit bersaing dan menembus pasar. Melalui kegiatan program pengabdian kepada masyarakat Politeknik Negeri Jember ini, kami tim pengabdian berupaya membantu mitra meningkatkan usahanya kembali dalam merebut peluang pasar dengan peningkatan kualitas produk dan pemasaran. “ Pengembangan inovasi varian produk minuman herbal perlu dipertimbangkan “ tutur Wahyu Kurnia.Prawidya menambahkan, solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah memberikan pendampingan dan pelatihan pengolahan minuman herbal dan pemasaran produk e-commerce yang harapannya dapat memberikan inovasi varian baru minuman herbal, dan perluasan pemasaran hasil. Saat ini pemanfaatan TOGA sebagai produk minuman sedang berkembang pesat karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan, khususnya dimasa epidemi COVID-19.

Beberapa TOGA memiliki kandungan yang mampu meningkatkan imunitas tubuh yang sangat diperlukan di masa-masa sekarang, seperti jahe, pandan dan kapulaga “ujar Arinda. Jadi pada kegiatan ini, ibu-ibu kelompok usaha bersama diberikan penyuluhan gizi dan kesehatan tentang manfaat TOGA setelah diolah menjadi minuman herbal kemudian diberikan pendampingan dan pelatihan pembuatan minuman herbal dan penggunaan aplikasi pemasaran. Kegiatan ini juga dibantu oleh Rihanaatul. Pelatihan dilakukan di Balai Desa Wonoasri dan diikuti sekitar 15 orang. Pada saat pelaksanaan kegiatan ibu-ibu sangat antusias mengikuti proses pembuatan minuman herbal. Disana kita juga sharing informasi sehingga terdapat peningkatan pengetahuan ibu-ibu terhadap manfaat dan pengolahan TOGA untuk dijadikan minuman herbal varian baru. Harapannya, dengan kegiatan ini selanjutnya formulaminuman herbal bisa dikembangkan dan dimodifikasi lagi untuk kemudian dapat diproduksi oleh kelompok usaha bersama di desa Wonoasri ini.

Related

Opini 1837187593346483855

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item