Pelatihan Pembuatan Cap Batik Berbahan Dasar Limbah Kardus

Pelatihan Pembuatan Cap Batik Dengan Bahan Limbah

MEMOPOS.com,Jember - Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 – 2024 dengan Agenda Prioritas Nasional, salah satu rencana ke 6 adalah Membangun Lingkungan Hidup, Meningkatkan Ketahanan Bencana, dan Perubahan Iklim. Salah satu rencana prioritas ke 6 yakni pengelolaan limbah, dengan mengurangi timbulan limbah yang dihasilkan dan dibuang, pada industri sehingga lebih ramah lingkungan. Dalam rangka mendukung RPJMN 2020-2024, Politeknik Negeri Jember merupakan salah satu perguruan tinggi vokasional sangat komitmen membangun lingkungan hidup ramah lingkungan yang diwujudkan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. 

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tugas Dosen dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satu tema pengabdian kepada masyarakat adalah pemanfaatan kertas karton sebagai media cap batik motif Jember yang dilakukan oleh Ibu Dr. Dewi Kurniawati, S. Sos,M.Si sebagai ketua tim pengabdian tersebut, ibu Oktanita Jaya Anggraeni, SE, M.Si dan Ibu Cahyaningtyas, S.Pd, ,MT selaku tim anggota pengabdian dengan judul Pelatihan Pembuatan Media Cap Batik Jember Dengan Memanfaatkan Bahan Dasar Kertas Karton Pada Wirausahawan Batik 

Disabilitas.Pelatihan ini diikuti beberapa wirausahawan batik di Kelurahan Kencong Kabupaten Jember. Alasan membuat cap batik dari kertas karton karena mengurangi limbah kertas karton bekas/kertas kotakan nasi yang tidak termanfaatkan. Selain itu dengan membuat cap batik dari bahan dasar kertas karton bekas karena lebih ekonomis dan pengrajin batik bisa membuat berbagai motif batik cap sesuai keinginan dan selera pengrajin tanpa biaya mahal dalam mendapatkan batik cap.

Bahan dalam pembuatan media cap batik motif khas Jember adalah kertas karton bekas dari kertsa karton susu,kardus/kotak makanan, lem, gunting, penggaris, pensil, papan triplex bekas, Ujar Dr. Dewi Kurniawati, S.Sos,M.Si. Pertama-tama yang dilakukan pembuatan pola batik khas Jember, kemudian pemotongan kertas kardus bekas yang disesuikan dengan ukuran yang diinginkan. 

Selanjutnya pola ditempelkan ke tempat papan triplex bekas menggunakan lem. Ukuran triplex disesuaikan dengan kebutuhan. Dibawah triplex bekas dibuatlah pegangan agar memudahkan pembatik melakukan pengecapan ke kain mori yang telah disediakan. 

Setelah pola terbentuk maka melakukan pengecapan ke kain mori, tahap kedua melakukan pewarnaan sesuai keinginan, tahap ketiga pelorotan tahap yang akhir adalah melakukan pembersihan dari proses pelorotan dan pencerahan warna kain batik yang telah jadi, Ujar Ibu Oktanita Jaya Anggraeni, SE,M.Si 

Manakala batik telah selesai maka melakukan pengemasan batik. Pengemasan batik dengan plastic dan kotak batik yang telah disediakan. Kemasan batik berfungsi melindungi batik yang telah jadi dan memperindah batik. Kemasan batik yang terbuat kertas bermanfaat sebagai media promosi karena berisikan alamat pembatik dan ukuran batik yang telah jadi, Ujar Ibu Cahyaning,S.Pd,M.T.

Related

Opini 2378756696050210904

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item