Lela' Penerapan Program Lele Keluarga Sebagai Upaya Pencegahan Meningkatnya Kasus Stunting di Kabupaten Jember


Pelaksana Politeknik Negeri Jember : Dony Setiawan HP, S.Kep.,Ns.,M.Kes, Moch.Choirur Roziqin, S.Kom.,MT, Ir. Rindiani, MP, Annisa Nurrahma Kamilia, Syaifa Dzulhij Erviorizka

MEMOPOS.com,Jember - Stunting merupakan kondisi tinggi atau panjang badan yang kurang apabila dibandingkan dengan usia. Stunting dikategorikan sebagai masalah gizi kronik yang disebabkan oleh berbagai factor, contohnya social ekonomi, gizi ibu hamil, dan rendahnya asupan saat usia 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Permasalahan gizi tersebut menjadi sorotan dan perhatian dari berbagai pihak, salah satunya Politeknik Negeri Jember. Tim dosen Jurusan Kesehatan yang berkolaborasi bersama mahasiswa, melaksanakan pengabdian masyarakat dalam upaya pencegahan stunting. 

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada 10 Agustus 2022 di Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember. Peserta pelatihan adalah warga sekitar yang berjumlah ± 30 orang.Pelatihan diawali dengan pemaparan materi terkait kondisi stunting dan pencegahannya. 

Melalui pemaparan tersebut, peserta diharapkan mengetahui pentingnya pencegahan stunting sejak dini. Peserta juga dibekali pelatihan budidaya lele dengan metode Urban Farming. Metode tersebut meningkatkan antusiasme peserta selama mengikuti proses pelatihan, karena budidaya lele yang minim penggunaan lahan. 

Pembekalan dalam mengolah lele juga diberikan melalui kegiatan demo masak abon lele. 

Abon lele dipilih karena dapat meningkatkan daya simpan sekaligus daya jual lele. Karakteristik abon yang kering dengan kombinasi bumbu merah menjadi daya tarik dari segi penampilan dan rasa. 

Lele merupakan salah satu bahan pangan yang tinggi kandungan protein. Protein menjadi zat gizi pembangun bagi tubuh yang berperan dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan bayi/balita. Program pengabdian masyarakat ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan peserta terkait urgensi penanganan dan pencegahan stunting sekaligus mendorong kemandirian peserta dalam pengolahan sumber daya lele.

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item