Kedatangan KH Said Aqil Di Banyuwangi Disambut Para Pelukis

Lukisan KH.Syaid Agil Sirodz

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj bertemu para pelukis Banyuwangi. Said Aqil mendukung kegiatan rencana sekumpulan perupa Banyuwangi ini, menggelar pameran lukisan terbesar di Indonesia, ArtOs Nusantara yang bakal digelar di penghujung tahun.

Dialog dan silaturahmi yang bertajuk Dakwan Seni itu digelar di Langgar Art, Kelurahan Sobo, Kecamatan Kota Banyuwangi, Minggu (18/9/2022). Dukungan ini muncul setelah pembina perupa Banyuwangi, Imam Maskun menyampaikan rencana kegiatan ArtOs Nusantara.

"Ya insyaallah saya akan datang di acara mendatang. Acara kedua (pameran) ya kan? Nanti saya juga akan ajak kolega saya," ujarnya kepada para perupa Banyuwangi.

Said Aqil mengatakan para seniman merupakan manusia yang memiliki rasa syukur lebih dibandingkan manusia lainnya. Karena seniman selalu melihat suatu peristiwa dengan keindahan. Mulai dari alam hingga potret sosial di kehidupan manusia.

"Maka saya melihat seniman ini bisa melihat pohon jadi indah, air jadi indah, bulan dan bintang juga jadi indah. Karena semua merupakan manivestasi kecintaan wujud Allah dan kebesarannya. Dan yang paling penting, marahnya seniman itu ya memunculkan keindahan," ujarnya.

Dia bersyukur, perupa dari Langgar Art Banyuwangi ini selalu ingat dengan tuhan. Hal ini dikarenakan, setiap kali mereka melukis selalu dalam keadaan berwudu.

"Alhamdulillah jika melakukan amalan itu (berwudu). Tapi jangan hanya berwudu, Salatnya pun jangan ditinggalkan. Teruskan perjuangan ini, dan semoga kegiatan ArtOs Nusantara sukses," pesan Said Aqil Siradj.

Saat silaturahmi itu, Said Aqil mendapatkan kejutan dari perupa Banyuwangi. Rupanya, telah disediakan lukisan Said Aqil Siradj. Salah satu perupa Banyuwangi sengaja melukis wajah KH Said Aqil Siradj. Lukisan ini digarap 10 hari sebelum kedatangan Said Aqil ke Banyuwangi.

"Masyaallah. Lukisannya indah. Kok mirip ya," tambahnya.

Sementara itu, pembina ArtOs Nusantara, Imam Maskun mengatakan kegiatan pameran ArtOs Nusantara 2022 bakal digelar pada bulan Desember mendatang. Targetnya adalah perupa Banyuwangi bisa belajar dengan perupa nasional yang sudah dikenal oleh penikmat seni rupa dunia.

Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan ArtOs Kembang Langit. Dalam acara yang bakal di gelar Desember 2022 mendatang, bakal akan lebih banyak seniman lukis dari luar Banyuwangi yang akan menularkan ilmunya kepada seniman lokal.

"Ajang ini sudah dirindukan oleh seniman atau perupa Banyuwangi. Perjumpaan seniman seniman (nasional) ini akan berkolaborasi bersama dengan seniman lokal banyuwangi untuk menciptakan karya kreatif dan inovatif yang dikemas lebih besar dari tahun kemarin," ujarnya.

Tahun ini, ArtOs Nusantara akan berkolaborasi dengan perupa dari daerah lain yang sudah mendunia. Diantaranya antara lain Nasirun dari Cilacap; Iwan Yusuf dari Gorontalo; Putu Suta Wijaya dari Bali ; Anagard dari Minang dan Ugo Untoro dari Purbalingga.

Tak hanya itu, perupa Banyuwangi yang sudah mendunia, Katirin dan Huang Fong juga bakal menularkan ilmunya kepada perupa Banyuwangi.

"Perjumpaan Seni rupa Using dengan seni rupa kontemporer daerah lain ini bisa menghasilkan karya seni rupa Indonesia baru. Nantinya akan ada upaya penciptaan karya kreatif inovatif seni-rupa Using sebagai poros baru seni rupa di Banyuwangi," tambahnya.

Dalam proses pelaksanaannya, kata Imam, ArtOs Nusantara selalu menekankan kerja kolaborasi sebagai upaya penciptaan karya yang kreatif dan inovatif. Mulai dari melukis on the spot dengan objek budaya Using, Workshop dan seminar karya dan pameran seni rupa serta kegiatan pendukung berupa seni teater, tari, musik tradisional budaya Using.(Im)

Related

Headline 2451339583211814762

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item