Dosen Polije Melatih Petani Untuk Memanfaatkan Hama Keong Mas Menjadi Pupuk Yang Menyuburkan

Dosen Polije Saat Melati Petani 

MEMOPOS.com,Jember - Kegiatan ini merupakan Program Pengabdian Masyarakat (PKM) pada skema Penerapan Iptek Masyarakat (PIM) terkait pemanfaataan hama keong mas untuk pupuk organic cair. Tim pengabdian masyarakat ini adalah dosen Jurusan Produksi Pertanian Politeknik Negeri Jember yakni Dr. Ir. Suharjono, M.P., Rudi Wardana, S.Pd., M.Si, Sepdian Luri A. S.ST., M.P, serta tenaga teknisi dan mahasiswa Polije. Bertempat di Dusun Sambiringik, Desa Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember, tanggal 2 Agustus 2022.

Hama keong mas (Pomacea canaliculate) merupakan salah satu hama yang merusak tanaman padi. Selain itu, kemampuan berkembangbiaknya juga sangat cepat khususnya pada area tergenang di sawah. Hama Keong Mas mulai menyerang padi dari persemaian sampai tanaman di transplanting ke lahan, yaitu mulai umur 1 sampai 30 hst. Tanaman padi yang diserang oleh hama keong mas tidak dapat menumbuhkan tunas baru kembali, hal ini disebabkan oleh serangan keong mas yang memakan batang padi pada bagian pangkalnya, sehingga tanaman roboh dan akhirnya mati.

Menurut H. Sholeh, selaku Ketua KelompokTani Podo Tentrem, “Penanggulangan hama keong mas selama ini memang sudah dilakukan, tetapi tidak termanfaatkan dengan baik dan hanya membuangnya jauh dari lahan pertanian atau di pinggir jalan”. Padahal, Keong Mas bisa dijadikan pupuk organik yang memiliki kandungan unsur hara dan juga hormon pertumbuhan yang penting untuk pertumbuhan tanaman. Beberapa kandungan Zat Keong Mas yang bisa digunakan untuk pupuk antara lain protein, Azotobacter, Azospirillum, mikroba pelarut posfat, Pseudomonas, Staphylococcus, enzim dan hormon auksin. 

Jenis pupuk organik dari keong mas salah satunya dalam bentuk pupuk organik cair (POC). Efektivitas POC keong mas sudah diuji pada beberapa tanaman pertanian, salah satunya yaitu padi dan beberapa tanaman palawija. Selain itu, Dr. Ir. Suharjono, MP selaku ketua kegiatan menyatakan bahwa “Penggunaan POC keong mas memiliki keuntungan diantaranya dapat mengatasi permasalah pencemaran lingkungan akibat pestisida kimia, serta mampu menjadi pengganti dari pupuk kimia”. Keuntungan lainya yaitu ketersediaan bahan baku yang melimpah, terutama di daerah persawahan yang kondisi lahannya tergenang air. Sehingga biaya untuk pembuatan POC menjadi murah.

Maka dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan Politeknik Negeri Jember ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi, keterampilan dan peningkatan hasil produksi kelompok tani Podo Tentrem dusun Sambiringik, desa Ampel Kecamatan Wuluhan dalam pembuatan pupuk organik cair dari hama Keong Mas. Selain itu, pada kegiatan pengabdian ini juga memberikan pelatihan terkait manajemen usaha dan juga pemasaran dari produk yang dihasilkan, sehingga diharapkan kelompok tani mitra nantinya mampu untuk memproduksi POC Keong Mas secara komersial.


Related

Opini 5640896974716819482

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item