Diduga Ada "Makelar" Pajak Kapur

Rully Efendi, Menunjukkan Bukti Transfer ke Dua Orang yang Disebut Penerima Uang Titipan Retribusi Pajak Tambang Kapur

MEMOPOS.com,Jember - Pemkab Jember mulai menertibkan pengusaha kapur, yang menunggak bayar retribusi. Namun ada yang janggal dalam proses pembayarannya.

Seperti yang dibongkar pegiat media sosial Angak Ho, Rully Efendi. Kepada sejumlah media, dia mengungkapkan ada orang di luar lingkungan pemkab, yang seolah orang dalam, namun yang pasti dia menerima jasa titipan retribusi. "Saya mengkritisi, apa kapasitas kedua orang penerima titipan uang retribusi itu?," katanya.

Rully, mengungkapkan ada informasi sumber dari jaringannya, bahwa ada perusahaan tambang kapur di Puger, yang telat bayar retribusi sejak tahun 2018. Ketika ditotal sampai tahun 2021, ditemukan angka tanggungan bayar retribusinya Rp 179 jutaan.

Kemudian muncul dua nama orang di luar pemkab, yang bisa memfasilitasi pengurangan nominal pajaknya. Kemudian, jika lewat mereka, cuma dikenakan Rp 120 juta. "Nah di sini yang menurut saya janggal. Perlu ditelisik lebih dalam, oleh mereka yang memiliki wewenang," sarannya.

Bagi Rully, selain mempertanyakan kapasitas kedua orang tersebut, dia juga meragukan cara penghitungan nominal pengurangan pajak tersebut. "Apa wewenang mereka berdua, kok bisa menentukan dan mampu mengurangi angka retribusi. Apa iya pemkab memberi mandat ke mereka?," sindirnya.

Selain itu, kata Rully keduanya menerima titipan pembayaran uang pajak itu pun, baginya sudah menyerupai peran "makelar" pajak. "Ketika memang keduanya orang yang dipercaya pemkab, harusnya sekedar menuntun pengusaha bayar langsung ke dinas terkait. Bukan langsung ke nomer rekening pribadi mereka," tegasnya.

Saat ditanya identitas kedua orang yang dimaksud, sementara ini dia merahasiakannya. Namun Rully sempat menunjukkan bukti transfer pengusaha, yang tertulis titipan pajak sebanyak dua kali transaksi. Pertama transfer Rp 70 juta dan kedua Rp 50 juta. (Redaksi)

Related

Headline 5645226031965637596

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item