Bupati Blora Usulkan Kepada Gubernur, Data Lama Dari Desa Harus di Revisi

Tampak Bupati Blora

MEMOPOS.com,Blora - Dalam acara pembinaan Forkopimda kepada Camat, Lurah serta Kepala Desa se-Kabupaten Blora dirangkaikan dengan sosialisasi pendataan awal registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022, di pendopo Rumah Dinas Bupati, diikuti Kepala Kelurahan dan Kepala desa se-Kabupaten Blora, Rabu, (21/9/2022).

Di sela–sela pembinaan tersebut, Bupati Blora melakukan komunikasi via zoom dengan Gubernur Jawa Tengah,Ganjar Pranowo.

Pada kesempatan itu, di hadapan Gubernur Ganjar  melalui via Zoom Bupati Blora H. Arief Rohman menjelaskan bahwa Dinas Sosial kalau memang sudah disepakati datanya, yang sudah tidak tepat sasaran, agar data di pusat  direvisi dicoret,biar  data lama ada pembaharuan data dari masing masing desa.sehingga tidak menimbulkan polemik di bawah.

“Biasanya pemkab sudah mengajukan tetapi datanya masih, itu itu lagi, yang muncul masih data – data yang lama,” kata Bupati H. Arief kepada Gubernur Ganjar via Zoom.

Kepala desa sudah memberikan data terbaru, tetapi yang keluar tiba-tiba bantuan dari pusat, datanya yang muncul data yang lama lagi, sehingga  tidak tepat sasaran, sehingga merepotkan kepala desa, imbuh Bupati.Hal itu langsung dijawab oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan bahwa kalau ada kesalahan data yang akan direvisi kades dan perangkat desa, titip pesan buat kades dan perangkat desa yang setiap hari berjumpa dengan warganya agar disesuaikan yang benar,nanti saya bantu sampaikan kemensos.

“Saya percaya pada kades dan perangkat desa yang tiap hari bertemu dengan warganya, kalau dari kriteria tidak sesuai sudah meninggal dan sudah pindah, sudah ganti, dan sebagainya, segera diperbaiki, kalau perlu dikirim ke Menteri Sosial, tembusannya ke saya,” ucap Gubernur.

Saya berpesan pokoe jangan coba-coba sepeserpun motong BLT.karena itu bisa ranah pidana,jangan ini terulang lagi.iya,

Ganjar mengingatkan, jangan coba-coba mengalihkan bantuan ini kepada yang tidak berhak.  Jangan terjadi bantuan diberikan kepada tetangganya sendiri, teman dekatnya, keluarganya. “Itu juga kadang masih ada, jadi hal itu juga tidak boleh. Lha saudarane, dulure lurahe thok yang dikasih, itu juga ada komplain ke saya,” ungkap Ganjar.

Menurutnya, sementara waktu ini akan ada sensus, makanya harus sabar dan telaten, namun dalam pendataan perlu diperbaiki secara metodologis dan akurat. “Perbaiki data kata pak polisi harus Presisi,” ujar Gubernur Ganjar.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Kepala Desa Se-Kabupaten Blora, Agung Heri Susanto menyampaikan langsung ke pak Gubernur Jawa Tengah melalui via Zoom, bahwa saat ini kepala desa se-Kabupaten Blora didukung forkopimda plus,dan sepakat bahwa karut-marut data yang selama ini menjadi persoalan dan bisa merembet ke semua hal, untuk segera diperbaiki.

“Sedikit cerita, ada satu oknum yaitu isteri perangkat desa, salah satu faktornya psikologi sosial, mungkin ngiri pak, jadi karena ada warganya yang memang lebih kaya dia mendapatkan bantuan, sehingga karena perempuan lebih banyak faktor irinya, wah ini dapat bantuan, ini salah,” ungkap Agung.

Masih kata Agung, selaku ketua paguyuban praja Kades di Kabupaten Blora untuk bebenah khususnya internal, agar betul-betul sebagai  pelayan dan  pengabdi masyarakat. Dan  sepakat untuk memperbaiki data data yang harus di sesuaikan dan di evaluasi yang berhak menerima bantuan, sehingga hal ini  membutuhkan kejujurannya dan keiklhasan,kita harus sama-sama untuk mendukung perubahan yang nyata.

“Sepakat membenahi data, karena di Blora masih ada kepala desa terdata mendapatkan bantuan pak Gub, segera kita evaluasi, agar ditolak,”

Dengan data itulah seharusnya kita bisa bercermin,masih banyak warga yang layak yang mendapatkan haknya.ungkapnya.

Related

Headline 1772124887794938496

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item