Program Pengabdian Kepada Masyarakat Kampus Politeknik Negeri Jember Jurusan Manajemen Agribisnis Membentuk dan Membina Kemampuan Berwirausaha Brownies Kukus Mangga Pada Ibu-Ibu PKK di Desa Subo, Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember

Penulis: Paramita Andini-POLIJE

MEMOPOS.com,Jember - Tim dosen Polije Jurusan Manajemen Agribisnis melakukan kegiatan penyuluhan kewirausahaan brownies kukus mangga. Kegiatan penyuluhan ini dilatarbelakangi dengan salah satu bahan baku (mangga) sangat melimpah di Desa Suboh. Desa Suboh memiliki potensi yang cukup besar dalam ketersediaan bahan baku buah mangga karena setiap rumah memilih pohon buah tersebut.

Ketersediaan bahan baku yang melimpah tidak diimbangi dengan pemanfaatan secara maksimal. 

Sebagai contoh pada saat puncak musim panen buah mangga hanya sebatas dijual kepada penebasatau dikonsumsi secara pribadi. 

Implementasi Kegiatan TRIDHARMA POLIJE dapat menjadi contoh dan dapat memepelopori usaha-usaha lainnya dengan harapan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar Desa Subo. 

Ketua Tim Program Pengabdian Kepada Masyarakat (Ratih Puspitorini YA, SE., MM) mengajak masyarakat untuk melaksanakan kegiatan pelatihan wirausaha brownies dengan memaksimalkan bahan baku buah mangga yang ada dilingkungan sekitar. Materi pelatihan yang diberikan kepada mitra yaitu berupa proses produksi dan pemasaran brownies kukus mangga. Materi tersebut diberikan dengan tujuan ibu-ibu PKK di Desa Subo dapat meningkatkan keterampilan berwirausaha dan memasarkan produknya dengan baik. Kegiatan program pengabdian ini dilakukan secara luring agar mitra dapat mendapatkan ilmu dengan baik dan jelas serta dapat berdiskusi secara langsung.

“Diversifikasi produk buah mangga tidak hanya dimanfaatkan menjadi dodol atau jus saja namun dapat dimanfaatkan sebagai produk baru berupa kue yang memiliki cita rasa unik. Perpaduan antara bahan kue dan buah tersebut menciptakan rasa manis dan asam yang berasal dari buah mangga. Buah mangga memiliki rasa manis, asam yang menyegarkan, vitamin dan tinggi kandungan air”

Sementara itu, perwakilan ibu-ibu PKK di Desa Subo mengucapkan terima kasih kepada tim Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah banyak memberikan edukasi diversivikasi produk olahan buah mangga.

Related

Opini 6009252523890490635

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item