Hiu Tutul Ditemukan Mati Terdampar Di Alas Purwo

Hiu Tutul Ditemukan Mati di Alas Purwo

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Terdamparnya hiu tutul di Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) Banyuwangi, Jawa Timur, ternyata bukan kali pertama terjadi.

Antara 2017 hingga 2018, mamalia laut dengan nama latin Rhincodon typus itu pernah terdampar dan mati di pesisir Pantai Alas Purwo.

"Ini kali kedua terjadi di Alas Purwo. Dulu yang terdampar juga jenis hiu tutul," kata Koordinator Perlindungan dan Pengamanan Balai TNAP Banyuwangi Sucipto di Banyuwangi, Selasa (9/8/2022).

Sucipto mengatakan, hiu tutul yang pernah terdampar pada beberapa tahun silam itu berada di Pantai Trianggulasi, yang jaraknya sekitar lima sampai enam kilometer dari Pantai Ngagelan.

"Lokasinya sebelah timur dari Pantai Ngagelan," ungkap Sucipto.

Ukuran hiu tutul atau hiu paus yang ditemukan mati terdampar di Pantai Trianggulasi itu lebih besar daripada yang ditemukan di Pantai Ngagelan.

"Ukurannya lebih besar dari yang ditemukan sekarang," ujar Sucipto.

Sucipto mengatakan, hiu itu kemungkinan mati karena tidak bisa kembali ke laut akibat terjebak di perairan dangkal.

"Bisa jadi terjebak saat air laut surut saat pagi hari," kata Sucipto.

Terkait satwa laut yang masuk spesies ikan terbesar di lautan itu terdampar di pantai, Sucipto menduga hiu tersebut sedang mengikuti arah makanan yang dicari.

Mamalia laut dengan nama latin Rhincodon typus itu diketahui memang merupakan satwa pemakan plankton dan ikan-ikan kecil di lautan.

"Beberapa hari terakhir kan memang kondisi arus laut selatan cukup besar. Jadi kemungkinan makanan hiu itu berada di pinggiran," ungkap Sucipto.

Diketahui, Hiu Tutul yang ditemukan mati terdampar di Pantai Ngagelan, sejak Sabtu (6/8/2022) itu, memiliki ukuran panjang 4,5 meter.

Mamalia laut tersebut ditemukan dengan kondisi beberapa bagian tubuh yang tidak utuh.

Oleh petugas TNAP, bangkai hiu itu dibiarkan tidak dievakuasi agar menjadi santapan satwa liar lain yang berada di sekitar hutan.(Im)

Related

Headline 1999400226963517196

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item