Bangkai Paus Yang Terdampar Di Pantai Bulusan Banyuwangi Berhasil Dievakuasi Petugas Sekaligus Dikuburkan

Bangkai Paus Yang Terdampar di Pantai Bulusan Berhasil Dikuburkan Petugas Gabungan

MEMOPOS.com,Banyuwangi -  Banyuwangi- Bangkai Paus Sperma yang berada di Dermaga Cinta, Gg. Lestari, Lingkungan Kampung Baru, Bulusan, Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur, berhasil dikubur di permukaan sekitar pantai tersebut, pada Sabtu malam (6/8/2022).

Berbagai upaya telah dilakukan oleh tim petugas gabungan. Mulai dari menarik bangkai paus untuk di bawa ke tengah, sampai menarik hewan mamalia itu untuk dipindahkan ke permukaan. Namun, upaya tersebut  tak membuahkan hasil. Konon dikarenakan bangkai paus tersebut terlalu besar dan berat.

Sesuai hasil rapat koordinasi penanganan bangkai Paus yang digelar di ruang rapat sekretaris daerah Kabupaten Banyuwangi, Jumat, (5/8/2022). Penanganan evakuasi paus tersebut harus dipotong-potong untuk mengurangi berat tubuh paus supaya mempermudah dalam penguburan.

Alief R. Kartiono, selaku kepala Dinas Perikanan, mengatakan, teknis proses evakuasi akan dipotong-potong. Tetapi, pihaknya  mengupayakan untuk mencari gergaji mesin dan beko yang lebih besar dari kemarin.

"Alhamdulillah sesuai prediksi hasil keputusan rapat kemarin, dengan penanganan yang sedikit berbeda. Tetapi, masih dengan teknis yang sama. Proses penguburan bisa dilakukan," katanya.

Masih, Alief, pihaknya (pemda) ingin cepat segera dikuburkan. Agar tidak menimbulkan dampak-dampak yang tidak diinginkan.

"Alhamdulillah, seperti yang kita lihat bersama sebentar lagi proses evakuasi telah selesai," ujarnya.

Pihaknya mengapresiasi luar biasa, ungkap Alief, atas semangat dan bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Pengairan, Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman.

"Tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada Ibu Bupati, Pak Sekda, TNI AL, Polairut Polresta Banyuwangi, masyarakat khususnya warga Bulusan, dan pihak-pihak yang turut membantu baik secara fisik maupun pikiran dalam mengevakuasi bangkai Paus dengan nama latin Physeter macrocephalus itu," ungkapnya.

Perlu diketahu, proses pemotongan bangkai paus sebelumnya sudah dilakukan. Namun, tidak menampakan hasil yang dominan. Sabtu pagi tadi, petugas mulai kembali untuk memotong-motong dengan alat yang lebih besar dan usaha tersebut membuahkan hasil yang maksimal. (Im)

Related

Headline 5825863050507950239

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item