Wamendag RI Bersama Rombongan Sidak Ke Pasar Rogojampi

Wamendag saat Nelanja di Pasar Rogojampi

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Jerry Sambuaga menggelar sidak ke Pasar Rogojampi, Banyuwangi, Rabu (20/7). Pihaknya terkejut dengan turunnya sejumlah harga kebutuhan pokok. Turunnya harga ini diklaim sebagai keberhasilan pemerintah pusat dan daerah dalam menstabilkan kebutuhan pokok. Salah satu bahan pokok yang turun harga adalah minyak goreng curah. Saat didatangi Wamendag, salah satu pedagang minyak goreng curah menjualnya di bawah harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp12.000 per liter. 

Padahal, HET dari pemerintah dipatok Rp14.000 per liter.  “Ini artinya lebih murah Rp2000 per liter dari HET,” kata Wamendag usai sidak. 

Selain minyak goreng, harga cabai rawit yang sempat menembus Rp100.000 per kilogram ikut turun menjadi Rp55.000 per kilogram. Lalu, daging segar juga ikut turun dari Rp130.000 menjadi Rp120.000 per kilogram. Kemudian, bawang merah meskipun masih mahal, harganya ikut turun. Dari Rp55.000 menjadi Rp52.000 per kilogram. 

“Kami berterima kasih kepada Pemkab Banyuwangi yang ikut menstabilkan harga. Ini bisa menjadi contoh di pasar-pasar lain,” tegas politisi Golkar tersebut. 

Pihaknya berharap harga sembako akan terus stabil. Kuncinya, menurut Wamendag adalah suplai pasokan yang tetap normal, sehingga harga akan tetap terkontrol. Pemerintah pusat menurutnya bersama pemerintah daerah akan terus memantau perkembangan di pasar untuk memastikan harga tetap stabil.

“Jadi, pemerintah akan aktif memantau, turun dan cek ke pasar, melihat langsung satu per satu ke pedagang,” tegasnya. Selama sidak, Wamendag juga memborong sejumlah komoditi sembako. Kegiatan ini sekaligus mengecek digitalisasi pedagang. Yaitu,aplikasi pembayaran digital menggunakan barcode. Inovasi ini bagian dari kemudahan dan modernisasi pasar tradisional.(Im)

Related

Headline 2258230622987241668

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item