Tersangka Dan Pengasuh Ponpes Cabul Di Banyuwangi Alami Gangguan Psikis Selama Di Tahanan

Fauzan Tersangka Kasus Pemerkosaan

MEMOPOS.com,Banyuwangi -.Pengasuh dan pimpinan Ponpes di Banyuwangi Fauzan yang dilaporkan melakukan aksi pencabulan dan pemerkosaan sudah ditahan. Di dalam tahanan Fauzan disebut mengalami gangguan psikis.

Fauzan ditahan di Mapolsek Giri Banyuwangi. Menurut salah satu kuasa hukum Fauzan, Agus Hariyanto, selama dalam tahanan tersangka merasa sangat terpukul. Sesekali Fauzan menangis karena menyesali perbuatannya.

"Terpukul sekali. Secara psikis memang terganggu. Tapi saat ini sudah mulai kembali pulih ya," ujarnya, Jumat (15/7/2022).

Fauzan, kata Agus, mengaku menyesal dengan perbuatannya. Jika diberi kesempatan meminta maaf kepada korban, itu bakal dilakukan oleh Fauzan.

"Menyesal. Jika pun diberi kesempatan meminta maaf dia akan meminta maaf," ujarnya.

Agus mengaku tak sendiri dalam menangani kasus yang membelit Fauzan. Ia bersama Mujiono dan Bagus Surono dua kuasa hukum lainnya.


"Kuasa ini telah ditandatangani per tanggal 7 Juli 2022 ketika proses BAP (Berita Acara Pemeriksaan). Setelah klien kami ditangkap dan ditetapkan tersangka," kata Agus Hariyanto.

Dalam isi surat kuasa dari Fauzan mereka merupakan kuasa khusus yang siap mengawal kasus mantan Anggota DPRD Banyuwangi dan DPRD Jatim itu hingga tuntas. Ia akan mengawal kasus yang menjerat Fauzan dengan mengedepankan asas praduga tak bersalah.

"Minimal sebelum ada putusan dari pengadilan, hak-hak dari klien kami perlu kami batasi. Tetap kami melindungi, mendampingi dalam proses persidangan sampai putusan pengadilan," tegasnya. 

"Bentuk perlindungan hukumnya kami pastikan hak-hak tersangka tidak dilanggar dalam proses ini."

Diketahui, Fauzan merupakan oknum pengasuh salah satu Ponpes di Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi. Fauzan ditangkap oleh Polresta Banyuwangi karena kasus dugaan pencabulan santri.

Adapun santri yang diduga menjadi korban berjumlah 6 santri dengan rincian 1 santri laki-laki dan 5 santri perempuan. Fauzan sempat menjadi buron selama seminggu.

Ia ternyata lari ke Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung. Polisi tetap bisa mengetahui keberadaan dirinya hingga akhirnya ia diamankan dan dibawa kembali ke Banyuwangi, tapi langsung masuk ke dalam bui.

Sebelumnya, Fauzan yang merupakan pengasuh sekaligus pemilik Ponpes yang menjadi tersangka kasus pencabulan dan pemerkosaan santri di Banyuwangi diketahui bukan orang sembarangan. Ia mantan anggota DPRD Banyuwangi dan anggota DPRD Provinsi Jawa Timur.

Fauzan pernah menjabat sebagai ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Banyuwangi. Hal ini dibenarkan oleh Ketua DPC PPP Banyuwangi Basir Qodim.

Ia membenarkan jika tersangka merupakan kader PPP Banyuwangi tapi saat ini sudah tidak masuk dalam struktur organisasi partai berlambang Ka'bah ini.

"Sekali lagi itu oknum. Dan saat ini tidak masuk struktur partai. Karena yang bersangkutan bukan gerbong saya," ujarnya, Kamis (7/7/2022).

Fauzan, kata Basir, sebelumnya juga memiliki sederet jabatan mentereng. Di samping menjadi pengasuh pondok pesantren Fauzan pernah dua kali duduk di anggota DPRD Banyuwangi.

Tersangka menjabat anggota dewan Banyuwangi pada tahun 2004 hingga 2009. Selanjutnya dia terpilih kembali menjadi anggota DPRD Banyuwangi dari PPP pada tahun 2009 hingga 2014.

"Dua kali periode itu. Mulai 2004 sampai 2014 lalu di DPRD Banyuwangi," beber Qodim.

Tak hanya itu, tersangka juga pernah menjadi anggota DPRD Provinsi Jatim periode 2014-2019 lalu. Ia sempat mencalonkan diri jadi anggota DPR RI pada 2019 tapi gagal.

"Di Provinsi satu kali tahun 2014 hingga 2019. Selanjutnya nyalon DPR RI tapi gagal," tutur Qodim.

Sejak itu, posisi politik Fauzan mulai goyah. Jabatan selaku Ketua DPC PPP Banyuwangi pun lepas. Fauzan lebih banyak terlibat mengurus pondok pesantren.(Im)

Related

Hukum Kriminal 6920584639290246514

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item