Polije Bantu Tingkatkan Ekonomi Peternak Domba di Kabupaten Jember Pasca Pandemi Covid-19

Polije Saat Bantu Warga Peternak Domba Di Wilayah Kecamatan Sumbersari Jember

MEMOPOS.com,Jember - Politeknik Negeri Jember (Polije) merupakan salah satu perguruan tinggi vokasi di Jawa Timur yang konsisten menjalankan Program Pengabdian Kepada Masyarakat. Kali ini, sumbangsih yang diberikan adalah Program pengabdian kepada masyarakat dengan melakukanpendampingan pada peternak domba di Kelompok Ternak Desa Tegal Gede, Kecamatan Sumbersari.

Kabupaten Jember merupakan salah satu Sentral domba yang ada di jawa timur yang memiliki jumlah ternak domba yang tinggi yang menjadi sumber bibit domba. Keunggulan potensi dari kabupaten jember didukung dari berbagai faktor, baik dari Sumberdaya Manusia, Populasi ternak dan lahan ketersediaan bahan makanan ternak. Keunggulan ini menjadi modal yang penting untuk meningkatkan sektor peternakan sebagai sumber penghasilan bagi masyarakat.

Huda Ahmad Hudori, anggota tim pengabdian menambahkan, bahwa usaha ternak domba sebagian besar dilakukan oleh peternak rakyat dengan sistem tradisional dan belum banyak menggunakan manajemen yang bagus dan terarah baik sistem pemeliharaannya maupun penyediaan kebutuhan pakan. padahal dengan memanfaatkan potensi tanaman sekitar yang ada dapat mencukupi kebutuhan pakan ternak domba.

“Kegiatan Pengabdian pada masyarakat ini dilakukan dengan melihata permasalahan yang dialami oleh peternak domba. Selanjutnya tim yang ada memberikan pendampingan untuk memberikan solusi terhadap permasalah yang ada, dalam hal ini adalah memberikan pendampingan dalam memperbaiki manajemen pakan ternak. “sebenarnya untuk penyediaan bahan pakan dapat dilakukan penanaman hijauan pakan ternak di pekarangan sekitar kandang atau sebagai pagar pekaranga’’ ujar Datik.Sementara itu Rizal menambahkan, upaya budidaya Hijauan Makanan Ternak HMT seperti daun Gamal atau Gliricidae yang merupakan makanan ternak domba, dapat dilaksanakan para peternak domba. Dengan melakukan penanaman HMT di pekarangan rumah mereka, dapat menjadi solusi mengatasi kesulitan pakan ternak pada saat musim kemarau. Oleh karena itu, melalui kegiatan pengabdian PKM ini diharapkan akan dapat berkontibusi dalam mencegah terjadinya pada kelompok ternak domba yang ada di desa tegal Gede Kecamatan Sumbersari.

Denap selaku salah satu peternak domba menyambut postif kegiatan PKM Polije. Dia mengungkapkan, kegiatan pengabdian PKM dengan pendampingan manajemen pakan dan penenaman HMT untuk ternak domba sangat bermanfaat sekali. Apalagi kegiatan ini dapat menjadi solusi bagi peternak untuk mengatasi kesulitan pakan disaat musim kemarau.

Related

Ekonomi Bisnis 701394050814854001

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item