Pendampingan Pengembangan Aplikasi Layanan Terpadu Kelurahan Curah Grinting Kota Pronolinggo Untuk Meningkatkan Layanan Masyarakat

Pelayanan Di Kelurahan Curah Grinting

MEMOPOS.com,Probolinggo - Memasuki era industrialisasi 5.0 memberikan dampak perubahan besar pada setiap sektor dan seluruh bidang dalam kehidupan masyarakat. Seluruh aktifitas masyarakat bahkan penyelenggaraan pelayanan sektor publik serta birokrasi mulai mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi komunikasi. Penggunaan internet, media sosial, aplikasi, dan platform jaringan lainnya mulai dilibatkan dalam seluruh kegiatan masyarakat dan birokrasi. Hal ini memberikan keunggulan pada penyelenggaraan layanan publik dan kebijakan menerapkan prinsip transparan dan akuntabilitas. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada layanan sektor publik diselenggarakan sesuai dengan good governance sekaligus prinsip e-government sehingga pelayanan sektor publik dapat tergolong tata kelola birokrasi yang baik dan modern. Seluruh masyarakat dapat menerima pelayanan ini secara merata dan tanpa diskriminasi, pelayanan terbuka dan terpercaya. Selain itu pelayanan dilakukan dengan strategi kemudahan akses, yaitu secara digital. 

Modernisasi teknologi informasi dan komunikasi menciptakan layanan sektor publik diselenggarakan secara digital dan daring (online). Kemudahan layanan sektor publik yang mengoptimalkan digitalisasi dan layanan daring membentuk pola layanan baru dan perampingan prosedur guna pelayanan yang efisien dan efektif dengan biaya minim. 

Inovasi pelayanan sektor publik terus dikembangkan disetiap lembaga pemerintah sebagai wujud nyata komitmen pemerintah mensejahterahkan masyarakat dan melayani masyarakat. Pelayanan yang baik dan memberikan kepuasan pada masyarakat menunjukkan pelaksanaan pemerintahan yang baik. Perkembangan pelayanan sektor publik mulai diterapkan pada pelayanan masyarakt baik pengurusan dokumen, perijinan, pendataan, dan lainnya. Pemerintah tingkat pusat dan pemerintah tingkat daerah telah menerapkan layanan secara elektronik untuk seluruh bidang. 

Secara universal pengoptimalan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam mendukung terselenggaranya pelayanan sektor publik di pemerintah daerah sesuai dengan kebijakan dari pemerintah pusat dengan kebijakan dan strategi nasional pengembangan e-government. Hal ini sesuai dengan beberapa regulasi, seperti Instruksi Presiden No. 3 Tahun 2003. Selain itu Kementerian Komunikasi dan Informasi menerapkan prosedur dan berkas guna mendukung penyelenggaraan e-government, yaitu menyiapkan dokumen cetak biru yang memuat sistem aplikasi e-government bagi pemerintah daerah; pedoman kerangka rancangan induk pengembangan e-government pada suatu instansi; dan pedoman pembangunan infrastruktur portal pemerintah.

Termasuk Kelurahan Curah Grinting Pemerintah Kota Probolinggo menerapkan digitalisasi pelayanan sektor publik. Sistem pelayanan sektor publik di Kelurahan Curah Grinting Pemerintah Kota Probolinggo mulai memodernisasi layanan seperti penggunaan mesin cetak dokumen secara mandiri, pengurusan ijin dan pendataan dokumen secara daring, dan layanan pengaduan secara daring. Seluruh wujud pelayanan baik pelayanan lisan, tulisan, dan tindakan di proses secara daring.Pelayanan sektor publik Kelurahan Curah Grinting Pemerintah Kota Probolinggo melalui pengembangan Aplikasi Layanan terpadu ini merupakan wujud keseriusan Kelurahan Curah Grinting Pemerintah Kota Probolinggo dalam menjalankan prinsip good governance dan e-government. Aplikasi Layanan terpadu merupakan aplikasi khusus yang mengurus dan memproses permohonan terpadu pada tingkat kelurahan, kecamatan dan beberapa dinas dengan selaras serta dapat melakukan akses secara daring. Aplikasi Layanan terpadu bertujuan guna mewujudkan proses pelayanan administrasi yang mudah, cepat, transparan, akuntabel, dan terintegrasi secara akurat dan tepat waktu dari tingkat RT, RW, kelurahan dan kecamatan. Layanan yang dapat diproses pada aplikasi Layanan terpadu seperti warga Kota Probolinggo dapat mengajukan pembuatan surat keterangan, perijinan, dan berkas lainnya pada satu media secara daring. Proses pengurusan melalui Layanan terpadu lebih cepat, mudah, dan lebih murah, keunggulan lainnya meminimalisir tindakan KKN.

Tim Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Jember yang terdiri dari Nugroho Setyo Wibowo, ST, MT, Adi Heru Utomo, S.Kom, M.Kom, Elly Antika, S.T, M.Kom, Mukhammad Angga Gumilang,S.Pd. M.Eng, serta Eva Rosdiana, SP, MP melaksanakan program pemanfaatan Ipteks bagi masyarakat di Kelurahan Curah Grinting Pemerintah Kota Probolinggo melalui sebuah program pendampingan pengembangan sistem layanan terpadu berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Kegiatan ini diselenggarakan di kantor Kelurahan Curah Grinting Pemerintah Kota Probolinggo. Lebih lanjut Pengelola Data Administrasi dan Verifikasi Kelurahan Curah Grinting Pemerintah Kota Probolinggo, 

Bapak Muhammad Faiz Elansyah, S.Tr.Kom menyampaikan tentang pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam digitalisasi sistem layanan publik Kelurahan Curah Grinting Pemerintah Kota Probolinggo melalui pengembangan aplikasi layanan terpadu ini merupakan wujud keseriusan Kelurahan Curah Grinting Pemerintah Kota Probolinggo dalam menjalankan prinsip good governance dan e-government. Sistem ini merupakan aplikasi khusus yang mengurus dan memproses permohonan terpadu pada tingkat kelurahan, kecamatan dan beberapa dinas dengan selaras serta dapat melakukan akses secara daring yang bertujuan untuk mewujudkan proses pelayanan administrasi yang mudah, cepat, transparan, akuntabel.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Jember, Bapak Nugroho Setyo Wibowo, ST, MT lebih lanjut menyampaikan setidaknya terdapat dua tujuan utama dari kegiatan ini, yaitu meningkatkan layanan administrasi pemerintahan Kelurahan Curah Grinting Pemerintah Kota Probolinggo, serta meningkatkan kompetensi sumber daya manusia Kelurahan Curah Grinting Pemerintah Kota Probolinggo. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bentuk sebuah aplikasi sistem layanan terpadu ini menjadi pilihan yang terbaik karena melalui aplikasi ini proses pelayanan administrasi kepada masyarakat akan lebih mudah, cepat, transparan, akuntabel, dan terintegrasi secara akurat dan tepat waktu dari tingkat RT, RW, kelurahan dan kecamatan.

Related

Opini 6065054303218027766

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item