Pemdes Aliyan Akan Gelar Ritual Adat Keboan

Ritual Keboan di Desa Aliyan

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Desa adat Aliyan Kecamatan Rogojampi akan membuat hajat besar di Banyuwangi, hajat tersebut diinformasikan yakni Ritual Adat Keboan Aliyan yang sudah turun temurun dilakukannya. 

Konon Sejak zaman peninggalan Kerajaan Majapahit tradisi Keboan Aliyan tersebut sudah dilakukan sampai saat ini. 

Segudang hiburan dan pameranpun turut serta memeriahkan pagelaran ritual adat Keboan Aliyan ini, berikut rangkuman acara yang akan memeriahkan ritual adat Keboan. 

Bazar : bazar yang memamerkan makanan sampai kerajinan khas Aliyan dan juga suku Osing banyuwangi akan di gelar mulai tanggal 28 - 29 Juli 2022. Bertempat di Jalan poros Desa Aliyan. 

Selamatan Mbah Buyut Wongso Kenongo : Mbah Buyut Wongso Kenongo menurut kepercayaan warga Aliyan adalah nenek moyang atau sesepuh leluhur dari warga setempat, di setiap tahunnya sebelum ritual adat Keboan yang di selenggarakan setiap bulan asyuro akan di lakukan nyekar serta selamatan di makamnya pada 30 Juli 2022 pukul 13.00, guna meminta keselamatan dan puji syukur kepada Tuhan atas keberkahan ketrentaman dalam setahun ini di desa Aliyan. Bertempat di makam Buyut Aliyan di lanjutkan acara Gitikan di Dusun Cempoko Sari Aliyan. 

Pagelaran Wayang Kulit : pagelaran ini juga tak bisa di tinggalkan, di setiap ritual adat Keboan akan selalu menampilkan pagelaran wayang kulit, untuk tema dan alur ceritanya juga pilihan dari nenek moyang, pagelaran akan di gelar pada Sabtu malam 30 Juli 2022 pukul 16.00. Di Balai Desa Aliyan. 

Bersih Desa : sebelum ritual akan diadakan selamatan bersih Desa pada hari minggu 31 Juli 2022 pukul 05.30, di jalan Desa Aliyan. 

Ritual Adat Keboan : setengah jam kemudian di sambung dengan acara inti yakni ritual adat Keboan yang akan di gelar minggu 31 Juli 2022 pukul 06.00 di kawasan jalan Desa Aliyan.

Kuntulan Caruk : Usai acara Ritual, malamnya akan dimanjakan dengan alunan musik Kuntulan Caruk pada pukul 19.00 di Jalan Desa Aliyan. 

Jaranan :Pada hari Senin tanggal 1 Agustus 2022 akan ada pagelaran Seni kuda Lumping ( Jaranan) di Dusun Cempoko Sari Aliyan. 

Gandrung : Di senin malam di 1 Agustus2022 akan dilanjutkan pagelaran Gandrung di Dusun Timurjo Desa Aliyan pukul 19.00.

Janger : Penutup di tanggal 2 Agustus 2022 selasa malam akan di meriahkan pagelaran Janger yang bertempat di kawasan Aliyan pukul 19.00.

Itulah deretan kumpulan acara yang akan ikut andil dalam memeriahkan ritual adat Keboan. 

Sebelumnya Persiapan H-5 jelang acara ritual adat Keboan di Desa Aliyan Kecamatan Rogojampi Banyuwangi sudah mencapai 70 persen. 

Persiapan acara adat Keboan Aliyan tersebut mencangkup dekorasi, hiasan gapura di setiap gang dan pertigaan jalan hingga pintu masuk yang terbuat dari bambu hasil kreatifitas warga setempat.(Im)

Related

Sosial Budaya 8655703004089720562

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item