Kursi Roda, Solusi Dari Jejak

Tampak Supangat Saar Tetbaring Mengalami Luka Parah Di Kakinya

MEMOPOS.com,Jember - Sudah tiga hari pulang dari rumah sakit. Sebelumnya, sekitar dua pekan lamanya, Supangat - warga Tanggul, dirawat intensif di RSD Soebandi Jember. Penderita diabetes ini mengalami luka parah di kakinya. Sangking parahnya, kakinya pun harus diamputasi hingga setengah paha.

Supangat yang menganggur sejak tiga tahun silam, masih punya tanggungan anak bungsu yang duduk di bangku SMP. Dia pun cukup "ngos-ngosan" mengatasi perekonomian keluarganya. Apalagi untuk mengobati sakitnya yang parah.

Pemuda di sekitar rumahnya, yang dikenal dengan Alorsi Tanggul, hadir mendampingi proses pengobatan hingga penyembuhannya. Bahkan, rujukan ke RSD dr Soebandi, tak lepas dari pengawalan Arek-arek Lor Kantor Polisi Tanggul.

Sepulang dari rumah sakit, Supangat yang tak lagi hidup normal karena tak lagi punya kaki kanan, membutuhkan kursi roda. Pemuda Alorsi berembug. Kembali berniat jimpitan dana untuk kursi roda Supangat. Mereka pun sepakat, membelikan kursi roda.

Keterbatasan akses informasi, Rully Efendi - mewakili Pemuda Alorsi, memposting tulisan bahwa dirinya hendak membeli kursi roda untuk tetangganya tersebut. Katanya, tidak harus baru. Terpenting layak dan masih bisa berfungsi.

Gayung bersambut. Saat Rully memposting di grup facebook IWJ Unit Usaha, Nurul Hasanah - netizen yang juga anggota JAJ dan JEJAK Polres Jember, menawarkan kursi roda gratis. Niatan baik pegiat aksi sosial kemanusiaan binaan Kapolres AKBP Hery Purnomo, itu pun disambut baik Pemuda Alorsi.

Seperti yang disampaikan Sugiantopo - tokoh Pemuda Alorsi Tabggul. Baginya, bantuan relawan Jegeh Apik,e Jember (JAJ) dan Jegeh Jember Aman Kondusif (Jejak), cukup meringankan beban kekuarga Supangat. "Kami akui hari ini pihak keluarga pasien atas nama Supangat, memang membutuhkan kursi roda. Alhamdulillah dan berterimakasih, ada organisasi sosial binaan Pak Kapolres Jember yang membantunya," katanya dengan nada bahagia.

Sementara itu, Nurul Hasanah saat ditemui di Tanggul, mengaku bahwa kegiatan spontanitas yang demikian, sudah sering dilakukan pihaknya atas petunjuk ketuanya dan arahan Kapolres Jember. "Ketua JAJ dan Jejak serta Kapolres bapak AKBP Hery Purnomo, membimbing kami supaya cepat dalam aksi membantu masyarakat," akunya.

Selain spontanitas yang demikian, pihaknya pun memiliki program rutinitas kegiatan sosial kemasyarakatan yang berorientasi lintas golongan bawah. "Doakan kami supaya konsisten dijalur sosial kemasyarakatan," pintanya. (redaksi)

Related

Opini 6309694832056097623

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item