Kondisi Gunung Raung Waspada, BPBD Banyuwangi Siapkan Antisipasi

Kondisi Gunung Raung Waspada

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi menyiapkan berbagai langkah antisipasi mencegah dampak erupsi Gunung Raung. Langkahnya dengan melakukan pembagian masker apabila ada abu yang mengarah ke Banyuwangi.

"Antisipasi sementara, pembagian masker apabila abu mengarah ke Banyuwangi," kata Kalaksa BPBD Banyuwangi, Ilzam Nuzuli, pada Jumat (29/7/2022).

Pihaknya sejauh ini masih menunggu perkembangan situasi dan kondisi terkait aktivitas gunung setinggi 3.332 Mdpl ini. Pasalnya Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menetapkan kenaikan status Gunung Raung ke level II atau waspada.

"Sementara memantau informasi perkembangan aktivitas Gunung Raung," ujar Ilzam.

Sebelumnya diberitakan Gunung Raung dinyatakan erupsi dengan mengeluarkan material abu vulkanik. Pos PGA Gunung Raung mencatat erupsi terjadi pada pukul 17.19 WIB hingga 17.28 WIB, pada Rabu sore (27/7/2022). 

Material abu vulkanik meluncur ke arah barat dan barat laut menuju tiga kabupaten yakni Kabupaten Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso, yang berakibat hujan abu. Akibat adanya aktivitas vulkanik ini status Gunung Raung pun naik ke waspada atau level II pada Jumat pagi (29/7/2022).(Im)

Related

Headline 1637491333726494495

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item