Danrem 083/Bdj Resmikan Patung Jenderal Sudirman "Aku Pernah Disini"

Danrem Saat Resmikan Patung Jenderal Sudirman

MWMOPOS.com,Malang - Komandan Korem (Danrem) 083/Bdj Kolonel Inf Yudhi Prasetiyo, S.I.P bersama Tokoh Masyarakat, LVRI, Tokoh Pemuda, TNI,  Dinas Pendidikan Kota Malang, Komunitas pemerhati sejarah dan undangan lainnya bersama resmikan patung Jenderal besar Soedirman, di Halaman Makorem 083/Bdj, Senin,11 Juli 2022.

Danrem 083/Bdj secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada segenap undangan yang telah hadir dalam kegiatan peresmian patung Jenderal besar Soedirman. Kolonel Yudhi menyampaikan bahwa dalam sejarah, tercatat pada tanggal 28 April 1946 Jenderal besar Soedirman pernah berkunjung di Malang dalam kegiatan Inspeksi pasukan TRI (Tentara Rakyat Indonesia) yang bertugas melaksanakan pengawalan pemulangan tentara Jepang yang kalah perang bertempat di Hotel Astor Jl. Bromo Straat no. 17 Malang saat itu. (sekarang Markas Korem 083/Bdj) yang sebelumnya telah menerima laporan dari Panglima Divisi Tentara Jepang Majen IWABE tentang kesiapan pemulangan pasukan Jepang di wilayah Jawa Timur.  Untuk mengingat sejarah pariotisme Jenderal Sudirman di Gedung tersebut, digagas Danrem utk membuat Tanda sejarah (Patung Jenderal Soedirman) dengan maksud untuk memberikan edukasi bagi bangsa terutama generasi muda, agar dapat mengambil pelajaran yang sangat berarti dan bernilai. Untuk itu saya berharap agar peresmian ini menjadi pembelajaran patriotisme bagi generasi muda dalam menjaga NKRI,” ucap Kolonel Yudhi. 

Lebih lanjut, peresmian patung Jenderal Besar Sudirman ini sebagai bentuk penghormatan kepada Jenderal Besar Soedirman yang telah berjasa memerdekakan Indonesia. Karena bangsa yang besar adalah yang bisa menghormati pahlawannya,” ungkapnya.

Senada disampaikan oleh tokoh masyarakat Bapak Peni Suparto (Mantan Walikota Malang) menjelaskan bahwa Jenderal Sudirman merupakan sosok pahlawan yang patriotis, tidak mengenal menyerah dan keberadaannya selalu bersama prajurit dilapangan sekalipun dalam kondisi sedang sakit, sehingga patut menjadi tauladan dan dikenang oleh kita semua sebagai generasi penerus bangsa, maka gagasan untuk meresmikan patung Jenderal Besar Soedirman di Korem 083/Bdj sangat tepat  untuk mengingat akan jasa-jasanya", ucar Peni Suparto

Dengan acara peresmian ini dan tulisan "Aku pernah Disini" dalam foto Jenderal Besar Soedirman merupakan pengingat kepada generasi penerus bangsa untuk dijadikan kegiatan berkelanjutan tentang pentingnya nilai-nilai sejarah", Harapan Danrem 083/Bdj 

Selain meresmikan patung Jenderal Soedirman para undangan melihat foto-foto sejarah dokumentasi kegiatan Jenderal Soedirman dan ruangan gedung Makorem 083/Bdj yang menjadi saksi sejarah Jenderal Besar Soedirman pernah berada di Gedung Makorem 083/Bdj tahun 1946. (Penrem 083/Bdj)

Related

Headline 2034125072268576133

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item