Akibat Meletus Pendakian Gunung Raung Ditutup

Gunung Raung saat Iropsi

MEMOPOS.com,Pendakian ke puncak Gunung Raung ditutup imbas meletusnya gunung berapi itu. Penutupan dilakukan aparat kepolisian dan pengelola untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Kasi Humas Polresta Banyuwangi Iptu Lita Kurniawan membenarkan adanya penutupan pendakian Gunung Raung. Ia menyampaikan penutupan jalur pendakian itu berlaku hingga pengumuman selanjutnya.

"Benar untuk sementara Raung ditutup untuk pendakian. Sampai kapan, sampai ada pengumuman pembukaan," ujarnya pada Kamis (28/7/2022).

Penutupan ini, kata Lita, sesuai surat edaran BMKG Banyuwangi. Isinya menyebutkan tentang larangan bagi wisatawan atau warga mendekati puncak Gunung Raung untuk sementara waktu.

Untuk itu, polisi dan pengelola pun melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan pendaki. Sosialisasi dilakukan di Dusun Wonorejo, Desa Kalibaru Manis, Kalibaru.

"Kami lakukan sosialisasi. Mohon maaf kalau memang tidak bisa mendaki ke Raung untuk sementara waktu ini," ujarnya.

Pengelola pendakian Gunung Raung jalur Selatan Wonorejo, Desa Kalibaru Manis, Eko Wahyudianto (44) menambahkan larangan segala aktivitas pendakian dilakukan sejak Kamis (28/7/2022).

"Mulai hari ini pendakian jalur Wonorejo ditutup. Kemarin aktivitas pendakian masih berjalan seperti biasa. Kemarin pagi sebelum ada erupsi teman kita masih ada di puncak dan mereka aman," katanya.

Pihaknya meminta maaf kepada wisatawan yang akan mendaki Gunung Raung hari ini. Tak hanya itu ia juga meminta wisatawan untuk bersabar atas penutupan tersebut.

"Kami mohon maaf dan bersabar. Nanti setelah ada informasi pembukaan pendakian akan kami informasikan lebih lanjut," tandasnya.

Gunung Raung Meletus Rabu kemarin. Gunung yang berada di perbatasan Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso ini terekam meletus selama 9 menit.

Kepala PPGA Raung Mukijo mengatakan bahwa berdasarkan rekaman seismograf, Gunung Raung mengalami erupsi selama 9 menit. Mulai pukul 17.19 WIB hingga pukul 17.28 WIB.

Pihak PPGA Raung juga mendapatkan foto atau gambar erupsi Raung dari Jampit, Bondowoso. Asap berwarna abu-abu mengepul di arah barat dan barat laut.

Meski Gunung Raung meletus, Mukijo menegaskan sampai saat ini status gunung dengan ketinggian 3.332 mdpl itu masih normal level 1.(Im)

Related

Headline 7508162827719839740

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item