Akibat Kemerosotan Petani Tebu Dibawah PT.Industri Gula Glenmore Sekertaris APTRI DPD Banyuwangi Angkat Bicara

Tebu Yang Sudah Mengering Dibuang Dengan Diangkut Truk

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Sekretaris  Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) DPD Banyuwangi Jawa Timur Tarmuji menyoroti permasalahan dasar kemerosotan ekonomi petani tebu Kabupaten Banyuwangi yang dipicu dengan mitranya pabrik gula PT. Industri Gula Glenmore (IGG) di Glenmore Banyuwangi tidak lancar produksi gula.Rabu(27/07/2022)

Kondisi tersebut membuat tebu petani yang telah siap kirim kering di lahan. Dengan tebu yang tidak diproduksi membuat para buruh tebang tidak terbayar upahnya.

“Tebu banyak kering di kebun tidak dimuat sampai 2 minggu ada kurang lebih 1 Ha lebih (90 ton), tebu kering tersebut di buang di lokasi kebun Kalitelepak.

Imbas dari itu penebang tidak di bayar menjadi rugi, mau makan apa mereka padahal bayaran dia hanya kurang lebih Rp500 per bulan”, kata Tarmuji.

Menurutnya pabrik selalu putus setiap hari dari awal giling sampai sekarang, pabrik tebu yang usianya belum puluhan tahun ini kekurangan pasokan tebu. 

“Kekurangan tebu berapa kerugian negara ini kurang lebih 5 sampai 10 jam berhenti giling harus menunggu tebu. Dengan berhenti giling otomatis tidak ada gula yang dihasilkan,

Jadi statemen Direktur IGG di media kemarin hoax, hanya akal pencitraan saja ini la yang membuat BUMN gula hancur”, cetusnya.

Tarmuji juga menyoroti kualitas tebu yang tidak bersih dari daun yang masih melekat pada batang juga menjadi permasalahan yang tidak terpisahkan dari hasil produksi gula seperti yang diharapkan para petani untuk meningkatkan perekonomiannya.

“Kualitas tebangan kotor sekali,karena tebu tidak di Klentek kemana uang negara ini, faktor lain  jembatan baru di bangun tidak sampai 1 tahun sudah jebol, sehingga akses jalan masyarakat tidak bisa lewat kesulitan”, pungkasnya.(Im)

Related

Headline 7427792951643170812

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item