Sidang Lanjutan Perkara Pidana Terdakwa Jahja Komar Hidayat Dengan Agenda Pledoi Atau Nota Pembelaan

Sidang Lanjutan Saat Dilanjutkan

MEMOPOS.com,Jakarta -  Selasa, 7/6/2022 PN Jaktim kembali menggelar sidang perkara pidana terdakwa Jahja Komar Hidajat, dengan agenda mendengarkan nota pembelaan (Pledoi) dari pihak terdakwa Jahja Komar Hidajat. Yang diketuai oleh Majelis Hakim Agam Syarief Baharudin. SH. MH

Dalam pembelaannya terdakwa Jahja Komar Hidajat menyampaikan terkait sejarah kepemilikan saham dan aset berupa bidang-bidang tanah PT. Tjitajam yang dibelinya pada tahun 1995-1996 dari PT. Property Java melalui PT. Suryamega Cakrawala seharga Rp 14.972.000.000,- (empat belas milyar Sembilan ratus tujuh puluh dua juta rupiah) berdasarkan Akta Jual Beli Saham Nomor : 102 tertanggal 26 Maret 1996 yang dibuat di hadapan Notaris Sutjipto, S.H.

“besar harapan saya kepada Yang Mulia Majelis Hakim agar dapat mengadili dan memutus perkara ini dengan seadil-adilnya, karena hanya kepada Yang Mulia Majelis Hakim saja saya dapat berharap adanya keadilan dan kepastian Hukum di negeri ini” Ucap Terdakwa Jahja Komar Hidajat

Selesai terdakwa Jahja Komar Hidajat menyampaikan Nota Pembelaan (Pledoi) Ketua Majelis Hakim selanjutnya memberikan kesempatan kepada tim Penasehat Hukum terdakwa untuk menyampaikan Nota Pembelaan (Pledoi).

Dalam Pledoinya, Reynold dan Tim Penasehat Hukum menyampaikan beberapa hal terkait fakta-fakta selama proses persidangan dan juga analis yuridis terhadap dakwaan maupun tuntutan Jaksa Penuntut Umum.

Setelah menyampaikan uraian fakta-fakta dalam Nota Pembelaan, Penasehat Hukum menyampaikan kesimpulannya dalam perkara ini, dimana menurut Penasehat Hukum tidak ada satu unsur pun dari Dakwaan Pertama Pasal 242 ayat (1) Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1, Dakwaan kedua Pasal 242 ayat (3) Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1, Dakwaan ketiga Pasal 263 ayat (1) Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 atau Dakwaan keempat Pasal 263 ayat (2) Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 yang terbukti dilakukan oleh Terdakwa Jahja Komar Hidajat secara sah meyakinkan.

Dalam Permohonannya, Reynold dan tim Penasehat Hukum meminta kepada Majelis Hakim agar menyatakan kliennya yaitu Terdakwa Jahja Komar Hidajat tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam surat dakwaan maupun surat tuntutan JPU serta membebaskan terdakwa.

Selesai membacakan Nota Pembelaan Reynold dan tim Penasehat Hukum juga menyampaikan bukti-bukti Surat sebanyak 121 Bukti kepada Majelis Hakim. “kami ajukan bukti berupa Akta-akta PT. Tjitajam, lembar saham Tjitajam NV tahun 1934, dan Putusan-putusan Pengadilan yang memenangkan Klien Kami” Ucap Reynold

Sidang ditutup oleh Majelis Hakim dan akan dibuka kembali pada hari Selasa 21/6/2022 dengan agenda JPU menyampaikan Replik atas Pledoi yang disampaikan oleh Terdakwa dan Tim Penasehat Hukum.

Saat di temui rekan media usai sidang Reynold dan tim Penasehat Hukum terdakwa Jahja Komar Hidayat mengatakan RUPS yang tuduh tidak sah itu sudah terjawab dan terbukti sesuai fakta persidangan bahwa RUPS itu sah karena dihadiri oleh pemegang saham yang sah PT Tjitajam yaitu PT Suryamega Cakrawala sebesar 2250 lembar saham dan Lorensius Hendro Sutjito 10 % yaitu 250 lembar saham pada tahun 98.

Karena RUPS itu sah maka jahja Komar Hidayat diangkat sebagai Direktur menjadi sah, sehingga berwenang memberi kuasa kepada Daulat Saragih. SH. Untuk mengajukan gugatan di PN jakarta timur, dalam rangka untuk menggugat pihak-pihak yaitu Ponten Cahaya Surbakti, Ny Haja Rambe binti Sobar yang diduga kuat membuat surat-surat palsu akta-akta palsu untuk membajak aset-aset saham PT Tjitajam dan tanah-tanah PT Tjitajam berikut dengan pohon-pohon karet saat itu mereka tebang secara Ilegal atau pencurian.

Dengan adanya RUPS sah maka surat kuasa yang dilahirkan sah, justru kami mengedepankan tentang pembuktian terkait masalah ini adalah ke perdataan sebenarnya hal-hal ke perdataan jaksa tidak bisa masuk disini,negara menjamin kebebasan serikat,berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan mau tulisan itu secara Lisgenelaris.

Kemudian Lesspisialisnya dilihat dalam kitab UU hukum perdata bahwa RUPS itu adalah perjanjian yang dibuat oleh para pihak  kemudian dalam bentuk saham sebagai pemilik dari suatu Perseroan sehingga kami meniti beratkan tidak ada yang palsu dalam dugaan tindak pidana. Ujar Reynold. SH.

Selain pledoi kami juga membawa bukti-bukti surat dan akta-akta PT Tjitajam dari tahun 1934 dan sampai pengesahan tahun 2003 sebelum pembajakan yang dilakukan oleh Ponten Cahaya Surbakti Dkk. Tutup Reynold.

Ditempat terpisah JPU Hadi Karsono mengatakan Baik akta-akta putusan-putusan kemudian foto-foto termasuk juga lembaran putusan-putusan yang sudah Inkcrah. 

Yang kami susun sebenarnya simple saja tuk perbuatan saja bukan terkait dengan aset-aset kita yang dakwakan perbuatan dari terdakwa sesuai dengan apa yang kami tuntut 263 ayat 2 jo 55 ayat 1 kuhap semua itu kan di bahas semua. 

Nanti yang akan kami fokuskan kami akan menjawab terkait dengan perbuatan-perbuatan terdakwa. "Banyak ko dalil-dalil yang tidak terjawab pledoi apa yang menjadi tuntutan itu kan yang sudah tertuduh yang sudah kami tuangkan dalam surat tuntutan". Ucap Hadi

Kalau untuk replik ini kan kami menanggapi pledoi dari terdakwa kemudian juga pledoi dari penasehat hukum, jadi ada 2 pledoi diberi waktu 2 minggu oleh Majelis Hakim yang kami susun mungkin tidak seluruh poin tapi ada poin-poin tertentu yang harus kami jawab, mungkin tidak sepanjang pledoi dari terdakwa dan penasehat hukum. Tambah Hadi

Untuk hari ini kan lumayan panjang, semuanya itu mereka berhak untuk memberikan pernyataan yang seluas luasnya dalam pledoi.

Karena menurut mereka apa yang sudah mereka tuangkan dalam persidangan fakta-fakta persidangan itu kan masuk semua kalau kami apa yang masuk dalam suatu pembuktian kami yang menurut kami penting yang mempunyai keterkaitan ya kami masukkan kalau misalkan tidak ada untuk apa kami bahas. Tutupnya. (Deni)

Related

Headline 6985294125513751097

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item