Perajin Kalung Sapi Desa Sarimulyo Mampu Produksi 1 Kodi Dalam Sehari

Pengrajin Kalung Sapi di Desa Sarimulyo

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Perajin Klotok atau kalung sapi di Banyuwangi sangat jarang ditemui. Di Desa Sarimulyo, Kecamatan Cluring tepatnya di Dusun Cempokosari, ternyata memiliki perajin kalung sapi yang sangat jarang dijumpai. Mereka adalah Sugeng Aantoso (26) pemuda asal dusun setempat yang bekerja ikut Saji Sutajianto (52) pengusaha kerajinan tersebut.

Dalam sehari Sugeng yang dibantu Sutaji ini mampu memproduksi 1 kodi dalam sehari. Kerajinan kalung sapi yang mereka buat ini berbahan kayu nangka dan klenceng atau alat bunyi yang dihasilkan dari kaling sapi.

Untuk membentuk kerajinan itu, Sugeng harus menyiapkan alat seperti tatah, palu, tang dan peralatan lainnya. Dia bekerja ikut Sutaji sehari mendapat ongkos Rp. 60 ribu.

"Ya lumayan lah buat tambah penghasilan," terangnya.

Cara membuatnya mula - mula kayu nangka itu dia potong kira - kira sejengkal orang dewasa dengan kelebaran 10 cm menyerupai persegi panjang. Kemudian bagian tengah dilubangi untuk tempatnya dan 1 buah klotok ini dijual seharga 25 ribu.

Leding sektor pemasaran kerajinan ini hanya sebatas wilayah Banyuwangi, Saji, menjualnya di pasar hewan yang ada di kota Gandrung.

"Kalau satu kodinya Rp 400 ribu. Hari Jumat di pasar hewan Glenmor, Senin di Pedotan dan Rabu di Rogojampi. Selain saya jual sendiri banyak pengepul ambil barang dari saya," terang Saji,ditemui di rumahnya Selasa (14/6/2022).

Menurut Saji, kerajinan ini di Banyuwangi sangat jarang ditemui, usaha kerajinan ini ia tekuni sejak tahun 1990 lalu.

"Setahu saya hampir tidak ada. Yang ada ya cuma di sini. Alhamdulillah dari usaha yang saya kembangkan ini bisa memperkejakan setidaknya satu warga," pungkas perajin kalung sapi ini.(Aly)

Related

Ekonomi Bisnis 9199634065406632827

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item