Penderita Katarak Di Banyuwangi Membludak Saat Pemeriksaan Mata Di PMI

Pasien Katarak di kantor PMI Banyuwangi

MEMOPOS.com,Banyuwangi -,Acara bakti sosial pemeriksaan mata dan operasi katarak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur mendapat respon positif dari masyarakat. Terbukti jumlah pasien yang mendaftar membludak.

Total keseluruhan pasien yang memeriksa mata di Palang Merah Indonesia (PMI) Banyuwangi, pada hari pertama mencapai 347 orang. Sedangkan pasien katarak yang disiapkan operasi ada 193 orang.

Operasi katarak tersebut merupakan program yang dilaksanakan oleh PMI bersama Dinas Kesehatan Banyuwangi yang bekerjasama dengan John Fawcet Foundation (JFF).

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, Amir Hidayat, mengucapkan terimakasih atas sinergi dari stakeholder terkait terutama JFF yang telah membantu terselenggaranya operasi katarak. "Kami bersyukur terimakasih. Ini menjadi hal yang juga dinanti-nantikan masyarakat Banyuwangi," kata Amir, Kamis (23/6/2022).

Pemeriksaan mata dan operasi katarak tersebut sangat membantu masyarakat. Sebab, mata merupakan salah satu indera yang utama dalam tubuh manusia. "Ini sebagai bagian daripada memberikan jaminan hidup sehat kepada masyarakat sesuai amanat undang-undang," terang Amir.

Koordinator Tehnis PMI Banyuwangi, dr. Rezekiyanti mengatakan, bakti sosial pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis itu dilaksanakan mulai tanggal 21-26 Juni 2022. Namun secara resmi dibuka pada 22 Juni 2022. "Acara kami pusatkan di Markas PMI Banyuwangi," terangnya.

Dijelaskan dr. Rezeki, antusias pendaftar pemeriksaan mata cukup bagus. Hal itu terbukti dari banyaknya jumlah pasien yang tercatat di buku administrasi PMI Banyuwangi. "Pemeriksaan mata sebanyak 266 orang dari total 613 orang. Sedangkan pasien katarak disiapkan operasi 48 orang, dengan jumlah keseluruhan 241 orang," ujarnya.

Selain pemeriksaan mata dan operasi katarak, dalam bakti sosial bersama di Banyuwangi tersebut juga dilakukan penyerahan kacamata, pemberian obat dan pemberian mata palsu. (Im)

Related

Headline 2240136528598363846

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item