Pemkab Banyuwangi Gratiskan Penanganan Dan Perawatan PMK

Perawatan Sapi Digratiskan Oleh Pemkab Banyuwangi

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Pemkab Banyuwangi menggratiskan penanganan dan perawatan ternak yang terserang penyakit kuku dan mulut (PMK). Sehingga pemilik ternak yang terjangkit PMK tidak perlu ragu untuk melaporkan kepada pihak terkait. Sehingga ternaknya bisa segera ditangani dan diobati.

Sekretaris Daerah (Sekda) Banyuwangi Mujiono mengatakan, penanganan dan perawatan ternak yang terjangkit PMK diberikan secara gratis.

"Semua gratis, untuk pengobatan dan perawatan. Seperti COVID-lah, gratis semuanya," tegas Mujiono, Selasa (14/6/2022).

Penanganan PMK di Banyuwangi dilakukan secara keroyokan. Pihak Pemkab Banyuwangi dalam hal ini Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi berkolaborasi dengan TNI Polri untuk sama-sama melakukan pencegahan dan pengobatan terhadap PMK.

"Salah satu langkah yang kita lakukan yakni sterilisasi ternak, juga di lapangan dilakukan pencegahan ternak dari luar kota.

Sejauh ini lanjutnya, di Banyuwangi tidak ada ternak mati akibat terjangkit PMK. Hanya saja banyak ternak di Banyuwangi terjangkit saja. Namun Pemkab menilai sebaran PMK di Banyuwangi masih terkendali.

"Untuk anggaran masih kecil yang paing banyak kita lakukan ke pencegahan. Sejauh ini masih terkendali," ujarnya.

Sementara itu, DPRD Banyuwangi mendorong penanganan PMK pada ternak dilakukan secara komperehensif. Bahkan jika perlu penambahan anggaran untuk penanganan PMK di Banyuwangi eksekutif diminta untuk mengajukan dalam anggaran perubahan.

"Untuk masalah PMK eksekutif sudah bekerja dengan baik. Kalau eksekutif dalam hal ini Dinas Pertanian mau mengajukan (penambahan) anggaran untuk penanganan PMK bisa dilakukan melalui PAK," tegasnya.

Rulyono menegaskan secara pribadi dan sebagai Ketua Partai Golkar dirinya sangat mendukung penanganan PMK dilaksanakan tidak setengah-setengah. Fraksi Golkar, kata Rulyono, sangat siap menyetujui anggaran khusus untuk penanganan PMK di Banyuwangi melalui PAK.

"Tinggal berapa yang diajukan. Rasional atau tidak. Kalau kurang ditambahi, kalau lebih dirasionalkan," tegasnya.(Im)

Related

Pemerintahan 6068807103191158150

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item