Donor Darah Sekaligus Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Istimewa

MEMOPOS.com,Jember -  Ikatan Alumni SMAN 2 Kabupaten Jember (IKA SMADA) dan Big Three Jember kembali melakukan pengabdian kepada masyarakat.  Minggu, 19 Juni 2022, IKA SMADA kembali menggelar aksi kemanusiaan donor darah. Selain itu, juga digelar pemeriksaan kesehatan gratis yang dilayani oleh dr Rima Titahning yang juga alumni SMAN 2 Kabupaten Jember. 

Dalam kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis dilaksanakan di Warung Sumilir Jalan Sutoyo Kabupaten Jember. “Alhamdulillah, kegiatan donor darah kali ini mendapatkan 25 kantong darah. Darah ini  disumbangkan ke Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember,” kata Mustofa Junaidi ketua Panitia donor darah dari IKA SMADA Kabupaten Jember.

Menurut dia, kegiatan donor darah rutin digelar IKA SMADA. ‘Donor darahnya kegiatan rutin, tetapi kali ini ditambahi permeriksaan kesehatan secara gratis. Ternyata banyak juga masyarakat yang memeriksakan diri, terutama para relawan pendonor yang kebanyakan alumni SMAN 2 Kabupaten Jember sendiri,” ujarnya. 

Nabila Chairunnisa, bendahara panitia dari IKA SMADA menuturkan para alumni SMAN 2 Kabupaten Jember memang rutin menggelar aksi kemanusiaan. “Yang paling rutin adalah donor darah. Hampir tiap tiga bulan sekali diadakan donor darah dengan lokasi yang berbeda. Banyak alumni SMADA yang aktif donor darah,” ujarnya. 

Dia menjelaskan, alumni SMADA memang konsen dikegiatan donor darah karena manfaatnya banyak sekali. “Yang pasti setetes darah bisa menyelamatkan sesama, tentu sumbangan darah banyak memberikan manfat kepada pasien yang sedang membutuhkan darah,” imbuhnya. Sebab, kebutuhan di belasan rumah sakit di Kabupaten Jember  cukup tinggi dibandingkan daerah sekitarnya. 

Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH mengucapkan banyak terima kasih kepada para alumni SMAN 2 Kabupaten Jember. Pasalnya, kegiatan donor darah kerjasama antara IKA SMADA dan UDD PMI Kabupaten Jember sangay membantu menjaga stok darah. “Kami ucapkan banyak terima kasih kepada alumni SMAN 2 Jember yang menjadi relawan pendonor. Donor darah kawan-kawan dari alumni SMAN 2 sangat membantu menjaga stok darah yang dibutuhkan pasien di sejumah rumah sakit di Jember,” ujarnya. 

Dia menjelaskan, tidak hanya memberikan manfat kepada orang lain, donor darah yang rutin juga bagus untuk menjaga kesehatannya sendiri. “Kalu rutin donor berarti tensi dan HB-nya terkontrol. Kalau tidak normal maka akan diberi saran oleh tim medis UDD PMI yang memeriksanya,” ujarnya. (Redaksi)

Related

Headline 2769504732593275023

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item