Dengan Mengarak Tirta,Pasca-Pandemi, Umat Hindu Banyuwangi Rayakan Hari Raya Kuningan Di Pura Agung Blambangan Muncar

Upacara Kuningan di Pura Blambangan Umat Hindu Berjubel

MEMOPOS.com,Banyuwangi -  Pertama kali pasca-pandemi, umat Hindu di Banyuwangi, Jawa Timur menggelar perayaan Hari Raya Kuningan di Pura Agung Blambangan, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar dengan meriah, Sabtu (18/6/2022) siang. Upacara diisi dengan mengarak tirta berkeliling desa. Saat pandemi, upacara ini ditiadakan untuk menghindari kerumunan massa. 

Setelah 2 tahun perayaan Kuningan dibatasi akibat pandemi, kini upacara  dihadiri ribuan umat Hindu dari berbagai kecamatan di Banyuwangi, termasuk dari Bali. Mereka mulai memadati pura terbesar di Banyuwangi ini sejak pagi. Upacara diawali dengan ritual mengarak tirta. Tujuannya, meminta kerahayuan agar upacara berjalan lancar. Selama arak-arakan, umat Hindu memainkan berbagai gamelan ble ganjur. Suasananya meriah. 

Usai ngarak tirta, upacara dilanjutkan menggelar tarian sakral. Setelah itu, umat mendengarkan ceramah rohani, diakhiri dengan persembahyangan bersama. 

"Umat sangat antusias mengikuti upacara perayaan Hari Raya Kuningan, kami sudah dua tahun tidak menggelar upacara dengan besar karena pandemi," kata Ketua Panitia Perayaan Kuningan Kabupaten Banyuwangi, Budi Wiriyanto. 

Meski digelar meriah, aturan protokol kesehatan tetap dilakukan. Umat yang akan masuk pura wajib memakai masker. Disiapkan juga cuci tangan di depan pintu masuk pura. " Kami juga siapkan tenaga dokter dari umat Hindu," jelas Budi. 

Perayaan Kuningan merupakan rangkaian penutup Hari Raya Galungan. Hari raya ini sebagai simbol kemenangan dharma (kebenaran) melawan adharma (kejahatan). (Aly)

Related

Sosial Budaya 7209638219473956444

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item