Cegah PMK, Disper Dan Kapolsek Sempu Blusukan Melakukan Penyuluhan

Kapolsek Sempu Blusukan Cek Hewan Sapi Milik Warga

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Dinas Peternakan (Disper) Kabupaten Banyuwangi didampingi Polsek Sempu menggelar sosialisasi dan penyuluhan kepada pemilik hewan ternak sapi dan kambing agar tidak terkena Penyakit Mulut dan Kaki (PMK).

Kapolsek Sempu, AKP Karyadi mengatakan penyuluhan atau sosialisasi ini bertujuan untuk tindakan pencegahan hewan ternak agar tidak terjangkit PMK.

“Sosialisasi ini dilakukan, agar peternak tahu bagaimana cara merawat hewan ternaknya terhindar dari PMK,” kata AKP Karyadi Rabu (1/6/2021)

Menurutnya, dengan adanya sosialisasi ini, peternak bisa melakukan tindakan pencegahan hewan ternaknya, seperti kambing, sapi dan kerbau tidak terpapar PMK.

“drh. Fitri petugas dari Dinas Peternakan memberikan arahan, bagaimana mekanismenya memelihara hewan ternak yang baik dan benar,” jelasnya.

Apalagi, kata AKP Karyadi saat ini mendekati Hari Raya Idhul Adha, banyak warga yang membutuhkan hewan ternak untuk dijadikan hewan kurban. Jika ada hewan ternak yang terkena PMK dampaknya sangat luas.

Kapolsek Sempu, AKP Karyadi bersama petugas Dinas Peternakan ketika melakukan penyuluhan kepada pemilik hewan ternak Rabu (1/6/2022) (foto: blok-a.com/Kuryanto)

“Petugas Dinas Peternakan memberikan penyuluhan dan cara agar hewan ternaknya sehat, caranya yaitu selalu mengutamakan kesehatan, kebersihan kandang dan cara pemeliharaannya. Kalau kandangnya bersih, hewan ternaknya akan sehat,” paparnya.

“Kegiatan sosialisasi ini dilakukan setiap satu bulan satu kali, kami dan petugas dari dinas peternakan akan keliling kampung untuk memberikan penyuluhan kepada peternak hewan berkaki empat,” tandasnya.

Karyadi mengungkapkan, selama dirinya dan petugas dari dinas peternakan melakukan sosialisasi kepada pemilik hewan ternak yang ada di Kecamatan Sempu ini, belum menemukan hewan yang terkena PMK.

“Alhamdulillah, di wilayah Kecamatan Sempu tidak ada hewan ternak berkaki empat yang terkena PMK,” pungkasnya.

Sementara, Darso salah satu peternak Kambing, warga Dusun Tojo Lor, Desa Temuguruh, Kecamatan Sempu mengaku sangat mendukung sosialisasi yang dilakukan oleh Polsek Sempu dan Dinas Peternakan ini. Menurutnya, dengan sosialisasi ini, para peternak bisa beternak dengan baik, dan hewan peliharaannya terbebas dari virus.

“Saya dan peternak sangat berterima kasih sekali kepada Kapolsek Sempu dan petugas dari dinas peternakan, dengan sosialisasi ini, kami jadi mengerti cara merawat hewan. Sebelum ada penyuluhan ini, para peternak tidak begitu menghiraukan kebersihan kandang hewannya,” ucapnya.

“Apalagi, sejak ramai adanya PMK para peternak mulai kebingungan agar hewan ternaknya tidak terjangkit PMK. Sekarang, peternak mulai sadar, dan mengerti cara merawat dan mengembangkan biakkan hewan ternaknya, dan terbebas dari Virus,” tambahnya.(Nur/Eko)

Related

Pemerintahan 5381788523656218082

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item