Cegah Meluasnya PMK Di Banyuwangi Satgas Himbau Panitia Kurban Lapor Ke Call Center

Nanang Dokter Hewan Ketua Satgas PMK

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Koordinator pelaksana kesehatan hewan dan deteksi dini satgas PMK Kabupaten Banyuwangi, Drh Nanang Sugiharto menghimbau agar seluruh panitia penyembelihan hewan kurban untuk melaporkan ke Posko Satgas PMK Kabupaten Banyuwangi melalui Call center 0821 4136 8195.

“Atau panitia bisa melaporkan ke desa karna kami sudah menyebar form isian ke setiap desa desa,ini semata mata dilakukan demi mencegah meluasnya penyebaran virus PMK,”kata Nanang saat di konfirmasi di kantornya, Rabu (29/6/2022).

Berdasarkan data yang masuk ke satgas PMK melalui desa, tim satgas PMK akan melakukan screening atau pemeriksaan hewan kurban 2 atau satu hari menjelang penyembelihan ditempat penyelenggaraan penyembelihan binatang kurban.

“Kalau hewan yang terinfeksi virus PMK itu tersembelih, maka penularan virus itu jauh lebih cepat dan luas serta perkembangbiakannya jauh lebih banyak dibandingkan jika kondisi hewan masih hidup sebab penyebaran virus PMK itu melalui udara,” ujar alumni fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana itu.

Karnanya Nanang menganjurkan agar kotoran hewan langsung di kubur di tanah dan masyarakat diminta untuk tidak membersihkan potongan hewan kurban di sungai. 

Selain itu Nanang menambahkan, virus PMK merupakan virus yang di takuti peternak didunia. Pasalnya, dampak yang diakibatkan virus PMK sangat besar.

“Kalau menginveksi pada sapi perah, maka susu sapinya akan kering, kalau menginveksi pada sapi potong atau kambing akan mengakibatkan anjloknya harga, bahkan bisa mengakibatkan kematian ternak,” urai bapak 3 anak itu.

Namun kata Nanang, Virus PMK tidak berdampak pada manusia. Tapi manusia yang terjangkiti virus PMK akan menjadi mediator penularan virus PMK itu.

“Begitu manusia yang terjangkiti virus PMK itu dekat dengan hewan entah itu sapi atau kambing, maka virus akan langsung menulari hewan tersebut,” terang Nanang.

Karenanya Nanang berharap masyarakat betul betul memperhatikan dan mentaati aturan pemerintah tentang penanganan dan pencegahan penularan virus PMK.(Im)

Related

Headline 6865883640588206553

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item