Blora Konsisten Usulkan Gelar Pahlawan Untuk Pocut Meurah Intan

Istimewa

MEMOPOS.com,Blora - Bupati Blora, H.Arief Rohman terus konsisten mendukung pembangunan dan usulkan gelar pahlawan nasional untuk Pocut Meurah Intan.

Setelah beberapa waktu lalu Gubernur Aceh dan sejumlah OPD, kini bergantian datang dari Rombongan DPRA Provinsi Aceh datang silahturahmi dan ziarah makam Pahlawan Aceh Pocut Muerah Intan. kamis (09/6/2022), 

Saat menerima Kunjungan di Rumah Dinas Bupati Blora, Bupati Arief menyatakan,  Pemerintah Kabupaten Blora sudah menganggap bahwa Pocut Meurah Intan juga merupakan keluarga besar Blora. Pemkab mendukung adanya pembangunan untuk Makam Pocut Meurah Intan.

“Pocut Meurah Intan sudah menjadi keluarga besar kita. Ketika ada keluarga saudara yang berkunjung ke Blora ini kita muliakannya dan kita hormati, ” terangnya

Ditandaskan Bupati,   Pemkab akan terus mendukung dan mendorong untuk pembangunan makam hingga usulan gelar pahlawan.

“Intinya kita akan mendukung proses usulan menjadi pahlawan Nasional agar seperti pahlawan dari aceh lainnya yang di sumedang, kita juga nantinya menyiapkan tim untuk bagaimana kita ikhtiar untuk anugerah pahlawan nasional untuk Pocut Meurah Intan,” ucap Bupati

Termasuk, lanjutnya,  potensi ke depannya pihaknya juga membayangkan lokais itu akan menjadi wisata ziarah wisata kebudayaan. 

" Saya  meminta jajaran OPD di Blora  segera membentuk tim untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Aceh dan pihak keluarga, " ucapnya.

Ia juga mengapresiasi komitmen Pemerintah Aceh untuk memuliakan makam Almarhumah Pocut Meurah Intan.

“Saya mengucapkan terimakasih atas kehadirannya kembali di Blora untuk kedua kalinya, Pak Kepala Dinas sudah dua kali, Pak Gubernur Aceh sudah kesini sekali, dan ini dari legislatif dan nanti kita jadwalkan untuk silaturahmi ke Aceh,” imbuhnya

Sementara itu, Pemerintah Aceh, melalui Ketua Komisi III DPRA, Khairil Syahrial, ST, MAP. Mengatakan kunjungan ke Blora tentu ingin silahturahmi pada Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M,Si dan tentu berziarah ke makam pocut muerah intan. 

"Pemerintah Aceh sangat mengapresiasi langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh Bapak Bupati dan kita akan bekerjasama dengan pemkab Blora untuk pemugaran makam pahlawan kita, " imbuhnya. 

Khairil menjelaskan pihaknya akan mendukung penuh terhadap program pengajuan sebagai pahlawan Nasional, karena saat itu beliau sangat gigih hingga akhirnya di asingkan ke Blora ini. 

"Langkah terdekat ini kita akan buat tim yang berkerja untuk percepatan terhadap status kepahlawanan Pocut muerah Intan dan kita juga akan menganggarkannya. 

Lanjutnya, Ia juga mengapresiasi perhatian Pemerintah Kabupaten Blora terhadap area makam Pocut Meurah Intan.

Saat ini, pemerintah provinsi Aceh dan Pemkab Blora terus berupaya agar Pocut muerah Intan bisa menjadi Pahlawan Nasional, hal ini tentu tak lepas dari perjuangan Pocut melawan penjajah hingga akhirnya diasingkan di Blora dan wafat dan dimakamkan di Blora.

(ardy)

Related

Headline 7007953603396664170

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item