Antisipasi PMK Kordinator Pasar Glenmore Larang Pedagang Luar Kabupaten

Pasar Sapi Glemore

MEMOPOS.com,Banyuwangi -  Maraknya wabah penyakit Mulut dan Kaki (PMK) yang melanda tanah air akhir – akhir ini membikin ketar – ketir para pedagang yang melakukan jual beli di pasar hewan hal itu terlihat di bursa pasar hewan mengalami penurunan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Koordinator pasar hewan Slamet Budioyono saat ditemui disela – sela kesibukannya dalam mengatur para pedagang hewan di pasar wilayahnya, terkait PMK tersebut kita menolak hewan dari luar daerah Kabupaten Banyuwangi, “kita tadi suruh pulang pedagang sapi dari Kabupaten Jember karena ditakutkan membawa virus PMK,”ujarnya. Jumat, (3/6/2022).

Tadi dari Forpimka dan Dinas kesehatan juga datang untuk melakukan pengecekan terhadap hewan sapi yang ada disini dan Alhamdulilah tidak ada gejala yang ditemukan, “Pemda Banyuwangi, setelah memberi arahan agar sapi yang kurang sehat agar dikarantina dulu di rumah dan jangan di bawa ke bursa jual pasar hewan, agar tidak menular kepada yang lainya,”tambahnya.

Masih kata Budioyono, menjelang hari Raya Idhul Adha harga sapi dan kambing cenderung naik dibandingkan dengan hari – hari biasa, “untuk kedua hewan tersebut perlahan – lahan sudah mulai naik harganya,”jelasnya.

Yang disayang saat ini malah ada penurunan jumlah hewan yang diperdagangkan kali ini banyak menurun sekitar 50 persen dari biasanya.

“Dihari – hari biasa di bursa pasar hewan Glemore setiap Jumat biasanya hampir mencapai 200 ekor hewan lebih, tapi saat ini hanya ada sekitar 100 an saja yang datang,”tambahnya lagi.

Kita menghimbau kepada para pedagang yang mau melakukan jual beli baik sapi maupun kambing diwajibkan hewan tersebut dalam keadaan sehat dan tidak berpenyakit atau sakit – sakitan.

“Saya tidak akan sungkan – sungkan mengeluarkan hewan yang kondisinya kurang sehat yang berada di bursa pasar hewan ini,”tutupnya. (Im).

Related

Pemerintahan 7671715874919251138

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item