Ademnya Berwisata Pluralisme di Antaboga Banyuwangi

Liburan di Wisata Banyuwangi Terasa Alam yang Adem

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Ada destinasi wisata di Banyuwangi yang isinya tempat ibadah. Lokasinya tidak di pinggir jalan, namun ada di tengah hutan. Obyek wisata ini menjadi wisata religi 6 agama di Banyuwangi. Di manakah itu?

Wisata religi ini berada di tengah hutan masuk Desa Sumbergondo, Glenmore, Banyuwangi. Namanya adalah Antaboga. Wisata di dalam hutan ini merupakan wujud pluralisme di Bumi Blambangan.

Jika dilihat dari sisi lain, wisata Antaboga ini memiliki keunikan dari segi keagamaan. Di dalamnya lengkap terdapat ikon keberagaman agama yang mencerminkan tubuh Nusantara dalam bentuk miniaturnya. Wisata ini masuk dalam wilayah Bagian Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Glenmore Banyuwangi Barat.

Di komplek seluas 3 hektar ini terdapat bermacam-macam tempat beribadah. Baik itu agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu serta Budha dan juga Konghuchu. Semuanya tersedia dan berada satu kompleks di lahan seluas 3 hektare.

Pura simbol umat Hindu, musala simbol umat Islam, Patung Dewi Kwan Im sebagai simbol umat Buddha dan Konghuchu. Ada juga, patung Yesus dan Bunda Maria sebagai simbol umat Kristen dan Katolik. Serta ada patung Nyai Roro Kidul (Ratu Pantai Selatan) yang merupakan sosok kepercayaan Kejawen (Jawa).

Masih banyak juga beberapa simbol yang berdiri di area Antaboga tersebut. Di mana, hal tersebut sangat kental dengan Nusantara yang terdiri dari berbagai agama, suku, ras dan budaya.

"Keseluruhan dan semuanya ada di Antaboga Banyuwangi ini," ujar Mengku Gimin, pemandu Antaboga kepada wartawan, Rabu (1/6/2022).

Suasananya pun sejuk dan hening. Dipayungi oleh pohon pinus dan suara gemercik air dari sendang pancuran (air mancur), membawa hawa ketenangan pada setiap wisatawan.

Di wisata Antaboga Banyuwangi ini, ada tiga sendang (kolam) yang lokasinya berdekatan. Sendang pertama, yakni Sendang Dewi Gangga yang berarti penyucian. Kedua, sendang Dewi Uma yang berarti peleburan, dan yang ketiga adalah sendang Bedawang Nale, yang berarti permohonan.

Ketiga sendang tersebut bersumber langsung dari air pegunungan lereng gunung Raung yang mereka sebut Tri Murti.

"Sesuai dengan maknanya, yakni kebahagiaan. Saat melihat perbedaan yang menjadi satu kesatuan, itu membuat bahagia," kata Gimin.

Gimin menambahkan selain wisatawan lokal, Antaboga kerap kali dikunjungi wisatawan luar daerah. Bahkan ada beberapa wisata mancanegara pula.

Gimin bercerita tentang fenomena yang membuatnya takjub. Kala itu, ada kunjungan umat Hindu rombongan dari Bali sedang melakukan ibadah di Antaboga. Di saat yang bersamaan, ada rombongan pula dari sekolah. Di waktu yang bersamaan keduanya melakukan ibadah, satunya di musala dan satunya di pura.

"Saya merinding saat itu, air mata netes gitu aja. Itu benar-benar membuat bahagia melihat kerukunan seperti itu. Keduanya, saling menghormati tanpa membedakan," ungkap Gimin mengenang momen pluralisme di Banyuwangi.

"Seperti Pancasila Indonesia, kita membangun Antaboga dengan tujuan persatuan tanpa ada perbedaan," tambahnya.

Untuk masuk ke dalam area Antaboga sendiri tidak dikenakan tiket masuk seperti tempat wisata lainnya. Para pengunjung hanya diperkenankan untuk memberikan donasi sebagai perawatan tempat ibadah. Bila tidak pun, juga tak mengapa.

Sekilas tentang nama Antaboga. Adalah sosok seekor ular dunia dalam mitologi Jawa pada masa pra-Islam tradisional (sebelum era kerajaan Demak). Antaboga diyakini sebagai turunan dari Siwa-Hindu Ananta Shesha dikombinasikan dengan Jawa.

Berkunjung ke Antaboga, wisatawan bisa merasakan kecintaan yang benar-benar tinggi tentang masyarakat Banyuwangi terhadap bumi Pertiwi. Terwujud dalam bentuk miniatur NKRI, mencerminkan Pancasila sebagai lambang kesatuan Negara Indonesia.(Im)

Related

Headline 5273890856217262639

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item