Mengunjungi Rowo Bayu Banyuwangi Yang Dikaitkan dengan KKN Di Desa Penari

Petilasan Prabu Tawangalun di Rowo Bayu

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Destinasi wisata Rowo Bayu Banyuwangi kembali menjadi perbincangan. Lokasi ini kembali dikaitkan setelah film KKN di Desa Penari tayang. Tak banyak berubah, destinasi ini masih terlihat asri dan sejuk.Rowo Bayu Banyuwangi menyuguhkan pemandangan telaga dan rimbunnya pepohonan besar dan hutan bambu. Di tengahnya terdapat telaga luas. Tak cuma sebagai tempat wisata, Rowo Bayu juga merupakan destinasi wisata sejarah.

Di sini, terdapat petilasan Prabu Tawang Alun, Raja Blambangan. Selain itu, ada pula tiga mata air atau biasa disebut sendang.

Kawasan ini berjarak 35 km dari Kota Banyuwangi. Berada di ketinggian sekitar 800 mdpl, Rowo Bayu tampak rindang dengan aneka pepohonan di sekitarnya. Untuk masuk ke kawasan ini, pengunjung bisa membayar tiket masuk seharga Rp 7.500.

"Biasanya yang datang itu orang yang punya hajat. Karena mereka percaya di sini tempat yang angker," ujar juru kunci Rowo Bayu, Saji  Sabtu (21/5/2022).

Saat masuk pertama kali, pengunjung disuguhkan dengan telaga yang luas. Telaga ini terbentuk dari aliran sumber mata air yang ada di sebelah barat telaga. Lalu, pengunjung bisa menyusuri pinggiran telaga menuju beberapa sumber mata air.

Pengunjung pertama kali akan melihat sumber Kaputren. Di sumber ini, masyarakat bisa melihat patung perempuan bersayap yang diapit 4 patung mirip kera. Aliran air di sumber ini langsung menuju telaga. Di sepanjang aliran ini, dihiasi ornamen patung kepala ular berjumlah 10.

Tak jauh dari sini, pengunjung bisa melihat sumber Wigangga. Sumber ini hanya berjarak sekitar 8 meter dari Sumber Kaputren. Di sumber mata air ini juga terdapat dua patung perempuan sedang menuangkan air. Lokasi ini dekat dengan telaga, membuat air langsung masuk ke telaga luas itu.

Selanjutnya, pengunjung bisa melihat Petilasan Prabu Tawangalun. Terdapat candi yang menutup petilasan ini. Di dalam candi, terdapat batu besar yang dipercaya sebagai tempat terakhir kali Prabu Tawang Alun di dunia sebelum moksa. Banyak bunga sesajian yang diletakkan di atas batu besar. Di dalamnya juga ada tiga payung yang menaungi batu besar ini.

Untuk masuk ke dalam petilasan, pengunjung diwajibkan untuk membasuh muka dan membersihkan diri di beberapa sumber mata air yang berada di sisi barat petilasan. Sumber Kamulyan ini berada tepat berada di belakang petilasan. Ada pula sumber air Panguripan dan sumber mata air Rahayu.

"Wajib membersihkan diri. Mandi atau berwudu. Karena ini lokasi yang disucikan," tambahnya.

Tak hanya itu, pengunjung akan menemui Candi Puncak Agung Macan Putih. Candi ini didirikan untuk menghormati roh nenek moyang. Candi tersebut dibuat sebagai tanda terima kasih kepada para leluhur, yang telah berjasa mempertahankan tanah Blambangan saat Perang Puputan Bayu tahun 1771 silam.

Usai mengunjungi petilasan, pengunjung bisa menuju arah utara. Terdapat dua pura umat Hindu. Dua pura ini baru dibangun pada awal tahun 2000-an. Bangunan ini tertutup rapat dan hanya dibuka saat ada upacara tertentu dan saat sembahyang.

Di utara dua pura, juga terdapat batu-batuan bekas lava erupsi Gunung Raung masa silam. Salah satu batuan itu berbentuk kepala burung garuda. Namun kondisinya tidak terawat karena berada di pinggir aliran sungai dan dipenuhi ilalang.

Selain itu, ada kolam pemandian yang sudah sudah ditutup karena sudah tidak diminati pengunjung. Kolam itu tak jauh dari pintu masuk ke arah utara.

Saji mengaku, ada bangunan baru yang yakni berupa mushola yang letaknya diantara dua sumber, Sumber Kaputren dan Sumber Wigangga. Bangunan itu dibangun sekitar tahun 2020.

"Hanya ini bangunan baru. Mushola untuk salat. Letaknya lebih atas dari petilasan," pungkasnya.(Im)

Related

Metropolis 2338645105732434034

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item