5 Tempat Wisata Mistis Di Banyuwangi, Salah Satunya Dipercaya sebagai Lokasi Asli KKN Di Desa Penari

Rowo Bayu

MEMOPOS.com,Bamyuwangi -  Banyuwangi memang dikenal sebagai daerah yang masih kental dengan nuansa mistisnya. Daerah yang terletak di ujung Pulau Jawa tersebut juga dikenal dengan julukan Sunrise of Java.

Selain itu, Banyuwangi juga terkenal memiliki berbagai tempat yang cocok untuk dikunjungi. Namun beberapa tempat wisata di Banyuwangi juga dikenal angker dan memiliki cerita mistis.

Dilansir dari berbagai sumber pada Jumat (20/5/2022), berikut deretan tempat wisata di Banyuwangi yang dikenal angker dan mistis.

Rowo Bayu mulai terkenal karena disebut-sebut sebagai lokasi asli KKN di Desa Penari. Dugaan tersebut muncul setelah Erick Thohir yang merupakan Menteri BUMN bertanya langsung kepada Sudirman pengelola Rowo Bayu.

Rowo bayu atau Rawa Bayu Menurut cerita yang berkembang di masyarakat merupakan awal mula dari lahirnya Kabupaten Banyuwangi yakni pada 18 Desember 1771. Rowo Bayu dulunya merupakan tempat pertempuran antara Kerajaan Blambangan melawan Belanda. Dalam perang tersebut, banyak korban meninggal dari kedua belah pihak yang menyebabkan tempat ini terkenal angker dan horor.

1.Rowo bayu selain itu, Rowo Bayu juga dihuni oleh sosok perempuan yang diyakini sebagai penunggu tempat tersebut. Sosok itu bernama Nyai Resek yang digambarkan mempunyai wajah yang cantik dan selalu dijaga oleh para prajurit-prajuritnya.

2. Alas Purwo,Alas Purwo memang dikenal sebagai salah satu hutan paling angker di Indonesia. Masyarakat sekitar percaya bahwa di Alas Purwo merupakan istana berkumpunya para jin yang ada di Pulau Jawa.

Cerita yang berkembang dahulu, konon jika ada orang yang mengunjungi Alas Purwo dengan memiliki niat buruk, maka orang tersebut tidak akan bisa keluar dengan selamat. Jika dapat keluar, orang tersebut akan mendapat bahaya. 

3. Goa Istana,Goa Istana merupakan goa yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Karena keangkeran Alas Purwo menjadikan Goa Istana sebagai tempat untuk bertapa. Bahkan Presiden Soekarno dikabarkan pernah bertapa ditempat ini dan bertemu dengan Nyi Roro Kidul yang merupakan Ratu Laut Selatan.

Goa Istana juga dipercaya masyarakat sekitar sebagai tempat para Raja Jawa untuk menenangkan diri. Selain untuk bertapa, Goa Istana juga kerap dijadikan seseorang untuk mencari ilmu gaib. Goa Istana terkenal sebagai pusat dari Alas purwo.

4. Keraton Macan Putih,Keraton Macan Putih merupakan salah satu situs peninggalan Kerajaan Blambangan. Keraton Macam Putih dianggap sebagai salah satu tempat sejarah yang berlokasi di Kecamatan Kabat, Banyuwangi.

Keraton Macan Putih dipercaya sebagai bekas Ibukota Kerajaan Blambangan pada tahun 1655-1691. Menurut cerita masyarakat, Keraton Macam Putih ialah tempat Prabu Tawang Alun muksa atau menghilang dan kembali ke Tuhan.

5. Pantai Watu Dodol,Pantai Watu Dodol merupakan salah satu destinasi wisata di Banyuwangi yang terkenal akan kisah mistisnya. Di Pantai tersebut terdapat sebuah Patung Gandrung yang dipercaya dapat menari sendiri ketika malam hari.

Selain itu, di Pantai Watu Dodol juga terdapat batu besar yang letaknya tepat di tengah jalan raya. Konon katanya pada zaman penjajahan Belanda, batu besar tersebut ingin dipindahkan agar tidak menghalangi jalan. Tetapi upaya tersebut tidak berhasil dan mengakibatkan kapal yang menarik batu itu tenggelam. Masyarakat sekitar percaya bahwa batu besar tersebut merupakan paku bumi dari Pulau Jawa.(Im)

Related

Ekonomi Bisnis 8841963669217153281

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item