Pelatihan Pembuatan Cendol Kopi Sebagai Upaya Pemberdayaan Ibu Ibu PKK di Desa Kemuning Lor Kabupaten Jember

Oleh:

Hatmiyarni Tri Handayani, S.TP., M.Sc., Sepdian Luri Asmono, S.ST., M.P. Eva Rosdiana, S.P.., M.P. Rudi Wardana, S.Pd., M.Sc. dan Ir. Ujang Setyoko, M.P.Dosen Jurusan Produksi PertanianPoliteknik Negeri Jember

MEMOPOS.com,Jember - Pengolahan kopi sekarang ini mengalami banyak perubahan, yaitu mengikuti trend/selera konsumen, dimana bubuk kopi diinovasikan dengan bahan tambahan lainnya sehingga menciptakan citarasa yang baru. Industri pengolahan kopi di Indonesia pun juga beragam mulai dari industri rumah tangga hingga industri besar. Konsumsi kopi dalam negeri merupakan pangsa pasar yang menarik bagi para pengusaha, sehingga produk yang dihasilkan disesuaikan dengan trend pasar. Adanya peningkatan taraf hidup dan pergeseran gaya hidup masyarakat di perkotaan membuat konsumsi kopi juga sudah mulai mengalami pergeseran, khususnya pada generasi muda. Pada umumnya, generasi muda sekarang ini lebih menyukai minuman kopi kekinian, kopi instant, kopi three in one maupun minuman berbasis expresso yang disajikan di cafe-cafe.

Desa Kemuning Lor sebagai salah satu daerah dengan penghasil kopi terletak di dataran yang tertinggi dibanding desa yang lain di Kecamatan Arjasa yang memiliki kecocokan secara topografi dalam budidaya tanaman kopi. Konsistensi masyarakat Desa Kemuning Lor dalam budidaya kopi tentu perlu untuk diimbangi dengan adanya pengolahan lanjutan dari produk kopi yang dapat menjadi inovasi dan sebagai produk unggulan daerah. Salah satu pengolahan yang dilakukan yaitu memberikan berupa olahan minuman yang berupa cendol kopi. 

Untuk itu Tim Dosen Jurusan Produksi Pertanian Politeknik Negeri Jember melakukan pengabdian kepada masyarakat khususnya ibu-ibu PKK dalam mengedukasi dan memberi pelatihan tentang cendol kopi ini.

Cendol merupakan minuman tradisional yang digemari masyarakat di setiap daerah atau masyarakat Indonesia yang menggunakan resep yang sudah digunakan oleh masyarakat dengan memanfaatkan dari sumber lokal dan memiliki cita rasa yang relative sesuai dengan masyarakat setempat. Cendol kopi juga merupakan perpaduan bahan campuran minuman dan makanan penutup tradisional yang dipadukan dengan bubuk kopi dan dikemas dengan metode kekinian. Cendol kopi dibuat untuk memperkenalkan minuman tradisional yang sudah hampir tidak ada dimasyarakat, dan diharapkan bisa dikenal oleh generasi pada saat sekarang ini.

Kegiatan pengabdian ini melibatkan masyarakat desa Kemuning Lor dan akademisi dari Politeknik Negeri Jember yaitu dosen sebagai pendamping kegiatan serta dibantu oleh dua mahasiswa. Setiap dosen memiliki tanggung jawab dalam menyebarkan pengetahuan sesuai dengan kepakaran masing – masing. Hal ini diharapkan mampu mengoptimalkan proses transfer teknologi dan inovasi dari akademisi ke masyarakat sebagai wujud dari Tridharma Perguruan Tinggi.

Related

Ekonomi Bisnis 4599651896041479948

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item