Jelang Arus Mudik, KAI Tertibkan Lintasan Liar Di Banyuwangi

Rel KAI di Banyuwangi

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Menjelang arus mudik, pengamanan jalur lintas kereta api (KA) di Banyuwangi, makin diperketat. Salah satunya, menertibkan lintasan liar. Lintasan ini biasanya dibuat oleh warga, dan sangat membahayakan karena tanpa penjaga.

Sedikitnya, 15 lintasan sebidang ditertibkan PT KAI Daop 9 Jember. Jumlah ini tersebar di sejumlah titik, mulai Banyuwangi hingga Probolinggo.

“Selama Januari hingga April ini, telah dilakukan penertiban 15 lintasan liar yang membahayakan,” kata Pelaksana harian Manager Humas PT KAI Daop 9 Jember, Tohari, Kamis (13/4/2022).

Dari belasan lintasan sebidang yang ditertibkan, paling banyak berada di Jember sebanyak 7 titik dan di Banyuwangi sebanyak 3 titik.

“Upaya meningkatkan keselamatan perkeretaapian ini dilakukan dengan penutupan maupun penyempitan lintasan sebidang. Ada juga dengan pemasangan palang pintu,” jelasnya.

Rata-rata, lintasan yang ditertibkan baru dibuat oleh warga. Sebelum semakin besar, dilakukan penutupan dan normalisasi. Jika dibiarkan, dikhawatirkan akan semakin ramai menjadi jalur lintasan warga. Aksi penutupan lintasan liar ini akan terus dilakukan. Data dari KAI Daop 9 Jember, masih ada 346 titik lintasan yang berbahaya. Rinciannya, 93 titik terjaga dan 253 titik tidak terjaga.

Selain penertiban lintasan liar, dilakukan juga sosialisasi kepada pengguna jalan. Mereka diminta berhati-hati ketika melintasi lintasan sebidang tak berpenjaga. Pihaknya juga melakukan sosialisasi warga tidak beraktivitas di pinggir rel, khususnya selama Ramadhan.

“Kami mengimbau warga tak ngabuburit di dekat rel,” pungkas Tohari. (Nur/Eko)

Related

Headline 7185715631072246267

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item