Perkuat Kemampuan Deteksi Dini Ditbinmas Gelar Pembinaan Kepada FKPM Cadasari Pandeglang

Penulis : Kontributor Bidhumas Polda Banten | Editor : Harun

MEMOPOS.com,Pandeglang - Perkuat sinergitas polisional antara Bhabinkamtibmas dan Forum Kemitraan Polri dan Masyarakat (FKPM), Ditbinmas Polda Banten dalam hal ini dilaksanakan oleh Kasubdit Binpolmas AKBP M. Adhi Chandra gelar tatap muka dengan FKPM di wilayah Kecamatan Cadasari. Bertempat di Kantor Kecamatan Cadasari - Pandeglang, pada Kamis (17/03/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Cadasari Bapak M. Kabir, Kanit Polmas Satbinmas Polres Pandeglang Aiptu Suparmin, Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas Aipda Dori serta Aiptu Asep Mulyana, juga anggota FKPM wilayah Kecamatan Cadasari berjumlah 40 orang. 

Digelarnya kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembinaan dan arahan kepada anggota FKPM, guna mewujudkan masyarakat yang memiliki kemampuan deteksi dini, cegah dini dan problem solving. 

Mengawali sambutannya, Adhi Chandra mengatakan bahwa sinergitas Polri dan Masyarakat harus terjalin erat, dalam upaya terselenggaranya pembangunan nasional.

"Polri tidak bisa begerak sendiri tanpa andil dari masyarakat dalam upaya harkamtibmas, kemitraan antara Polri dan masyarakat harus dipadukan demi terwujudnya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif, tentunya melalui FKPM," ujar Adhi Chandra. 

Adhi Chandra mengatakan sudah menjadi kewajiban kami sebagai anggota Polri untuk membina serta mengembangkan potensi.

"Kewajiban Polri untuk membina masyarakat dalam menangkal, mencegah, dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk- bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat, melalui kegiatan tatap muka ini," ujar Adhi Chandra. 

Selanjutnya, Adhi Chandra memberikan pemahaman terkait strategi Polmas, untuk diimplementasikan di lapangan oleh anggota FKPM.

"Polmas atau Pemolisian Masyarakat mampu mendorong terciptanya suatu kerjasama antara Polri dengan masyarakat dalam menghadapi suatu permasalahan yang terjadi dan bersama-sama berupaya menemukan cara penyelesaiannya," kata Adhi Chandra. 

Adhi Chandra menyampaikan pendekatan Polmas dapat dilakukan dengan bertatap muka serta bincang-bincang dengan anggota masyarakat yang dikunjungi hal ini dilakukan dengan harapan untuk mendapatkan informasi tentang masyarakat dan permasalahan yang terjadi di dalamnya, atau untuk dapat memberikan arahan, informasi, atau pembinaan kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan kepedulian terhadap Kamtibmas.

"Sasaran yang terutama adalah para tokoh atau pemimpin suatu komunitas, maupun orang-orang yang dianggap memiliki pengaruh terhadap suatu komunitas ataupun wilayah tertentu dalam masyarakat," imbuhnya. 

Diakhir Adhi Chandra juga menyampaikan, bahwa sesuai arahan Dirbinmas dalam rangkan menciptakan kemitraan dengan masyarakat Ditbinmas Polda Banten selaku pembina Fungsi Binmas Polri di Jajaran Polda Banten harus memberdayakan dua kelompok yaitu Polri dengan masyarakat di lapangan, agar melayani masyarakat secara lebih dekat dan teratur.

"Masyarakat harus diberdayakan sehingga tidak lagi semata-mata sebagai objek dalam penyelenggaraan Fungsi Kepolisian melainkan sebagai subjek yang turut menentukan dan mengelola sendiri upaya penciptaan lingkungan yang aman dan tertib bagi ketentraman dan keselamatan hidup mereka bersama, yang difasilitasi oleh petugas Kepolisian yang berperan sebagai petugas Polmas dalam suatu kemitraan,"tutupnya.

Related

Metropolis 6741062697533009235

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item