Pemulihan Ekonomi, Kemenparekraf Coaching Clinic Pembiayaan UMKM

Pelaku Pengusaha yang Siap Pulihkan Ekonomi Banyuwangi

MEMOPOS.com,Banyuwanhi - Sebagai upaya pemulihan ekonomi arus bawah, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Bank Syariah Indonesia (BSI), mengelar "Temu Bisnis Perbankan Syariah", di Banyuwangi, Kamis (24/3/2022). 

Temu bisnis ini, merupakan coaching clinic untuk mengoptimalkan pembiayaan untuk UMKM khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan pembiayaan syariah. 

Puluhan pelaku industri pariwisata seperti pengelola sentra kuliner seafood Kampung Mandar, sentra durian Songgon dan pelaku pariwisata lainnya di Banyuwangi mengikuti kegiatan ini. 

"Banyuwangi menjadi kota Temu Bisnis Perbankan Syariah  pertama tahun ini. Kegiatan ini, bertujuan mempertemukan pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif dengan perbankan syariah untuk mendapatkan informasi produk dan akses pembiayaan," kata Hanifah, Direktur Akses Pembiayaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Mulai dari modal usaha serta memberikan insight success story dan coaching clinic pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif, untuk mengembangkan usahanya," tambahnya. 

Selain Hanifah kegiatan ini juga turut menghadirkan Hengky Hotma Parlindungan Manurung (Deputi Bidang Industri dan Investasi),  M.Y Bramuda (Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwista Kabupaten Banyuwangi), Jefronialdy Canra (Baranch Manager PT Bank Syariah Indonesia Tbk), Agus Handoyo (Micro Marketing Manager PT Bank Syariah Indonesia Tbk), Tessario Ekanuramanta (PT Sirtanio Organik Indonesia).  Mereka memberikan insight-insight upaya pemulihan ekonomi pada para peserta.

Agus Handoyo, Micro Marketing Manager BSI mengatakan, terdapat beberapa strategi yang dilakukan BSI. Di antaranya sinergi bersama pemerintah dalam proses pembinaan UMKM melalui kegiatan inklusi keuangan dan pemberian fasilitas pembiayaan UMKM binaan instansi, pemda dan komunitas halal.

"BSI berkomitemen mengembangkan UMKM dengan penyaluran pembiayaan untuk menambah modal, memfasilitasi pengusaha UMKM agar bisa menjual secara online melalui kerja sama dengan e-commerce dan bersama-sama dengan Kemenparekraf melakukan berbagai kegiatan pemberdayaan UMKM," kata Agus. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, MY Bramuda menambahkan, Banyuwangi terus melakukan berbagai upaya pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Berbagai event pariwisata dan ekonomi kreatif kami gelar melalui Banyuwangi Festival. Kami terima kasih kepada pemerintah pusat dan berbagai pihak, yang terus mendukung Banyuwangi," kata Bramuda.(Im)

Related

Pemerintahan 2733934398997682388

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item