Paku Bumi Inovasi ‘Apik’ Dukung Program Banyuwangi Rebound

Acara Paku Bumi

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Kelurahan Pakis Gelar Festival Paku Bumi dalam mensukseskan program “Banyuwangi Rebound” yang diluncurkan oleh Bupati Ipuk Fiestiandani. Untuk Pemulihan Ekosistem Ekonomi dalam Penanganan Pandemi dibanyuwangi. 28/03/2022.

Acara ini dibuka oleh Danisworo selaku Camat Banyuwangi bersama AKP Kusmin Kapolsek Kota dan H. Farid Lurah Pakis. kegiatan digeber pada hari Minggu pagi, 27/3/2022, di jalan depan Masjid Nuryasin Fatimah Kelurahan Pakis, Kecamatan Banyuwangi.

H. Muhammad Farid Isnaini, S.Ag, Kepala Kelurahan Pakis menyampaikan terimakasih pada Karang Taruna Kelurahan Pakis, sebagai penyelenggara festival kuliner Paku Bumi, acara ini juga sebagai implementasi program Banyuwangi Rebound.

“Terima kasih kepada Karang Taruna Praja Mukti Pakis, meski baru dilantik tanggal 15 Maret 2022 lalu, namun dalam waktu 10 hari, Alhamdulillah bisa menggelar even yang luar biasa dan kepada seluruh masyarakat Pakis yang terlibat langsung maupun tidak langsung, mudah-mudahan kolaborasi yang baik terus bisa kita jaga,” ungkapnya.

Festival kuliner Paku Bumi itu lanjut H. Farid, adalah implementasi 3 pilar yang ada dalam program Banyuwangi Rebond, yakni Tangani pandemi, Pulihkan ekonomi dan Merajut Harmoni.

“Yang pertama masalah pandemi, bahwa di Kelurahan Pakis tidak ada yang positif covid dan semoga pandemi ini segera berakhir. Yang kedua masalah ekonomi, acara Pakis kuliner Paku Bumi ini, adalah upaya pemberdayaan bagi ibu-ibu UMKM yang berkecimpung di bidang kuliner, agar kesejahteraannya bisa meningkat,” ungkapnya.

H. Farid menambahkan letak Kelurahan Pakis strategis dan mempunyai banyak potensi, kuliner yang dijual dengan ciri khas sayur pakis bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Selain itu, masakan laut juga menjadi andalannya, dan kegiatan ini nantinya terus berjalan berkelanjutan.

“Di bulan Ramadhan kita gelar pasar takjil setiap hari selama satu bulan, bila sudah selesai Ramadhan kita akan rutinkan setiap seminggu sekali pagi, sehingga UMKM di bidang kuliner akan berjalan dengan baik,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini imbuh H. farid, pihaknya mencoba berkolaborasi melibatkan semua unsur termasuk masyarakat.

“Diharapkan untuk saling menjaga kebersihannya baik itu dilingkungan tempat kuliner, sekitar rumah, sungainya dan lainnya, sehingga pengunjung merasa nyaman dan betah, hingga akan timbul Pola hidup bersih dan sehat (PHBS) pada masyarakat, serta karena masih mengawali, kita mohon saran, kritik agar pakis kuliner ini bisa dilaksanakan lebih baik,” tuturnya.

Sementara itu, Bu mutjiati (54) salah satu pembeli diacara Paku Bumi. dirinya sangat senang adanya festival kuliner dipakis apalagi bisa diadakan rutin saat Ramadhan.

“saya sangat senang adanya acara festival kuliner Paku Bumi dipakis, apalagi saat nanti bulan puasa tidak perlu repot untuk nyari takjil”

kegiatan Paku Bumi dimulai dengan senam sehat bersama di halaman Spot in Pakis Residence homestay, dilanjutkan dengan pertunjukan berbagai macam seni, tari serta live musik. Acara berlangsung meriah dan lancar. (Im)

Related

Serba Serbi 6527690093713410472

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item