Jember Bersinergi, Langkah Nyata Kepolisian dan Pemkab

Istimewa

MEMOPOS.com,Jember - Jember adalah salah satu kota yang memiliki ciri khas banyaknya perguruan pencak silat dari beberapa organisasi yang menetap di kota ini. Tidak heran lagi jika terkadang memang kerap muncul pertikaian-pertikaian kecil yang kerap terjadi antar perguruan silat di kota ini. Hal ini yang menjadi PR buat semua lapisan elemen masyarakat. Baik POLRI, TNI, pemerintah daerah hingga tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Jember. Kejadian semacam ini cukup menyita perhatian dari Kepolisian Resort Jember beserta jajaran kepolisian yang berada dibawah kepimpinan resort Jember. Oleh karena itu Kapolres Jember AKBP. Hery Purnomo, S.I.K., SH. menghimbau seluruh jajarannya di setiap sektor untuk mengadakan acara silaturrahmi dan membuka forum guna memberikan himbauan dan menjalin sinergitas untuk para perguruan pencak silat.

Polsek Patrang, Polsek Sukowono dan diikuti oleh beberapa Polsek di jajaran kepolisian Kab. Jember pun segera mengambil langkah positif terkait hal ini. Beberapa polsek telah mengadakan kegiatan forum silaturrahmi antar perguruan silat dengan melibatkan TNI dan juga muspika kecamatan setempat. Hal ini merupakan upaya tindak lanjut atas perintah langsung Kapolres Jember AKBP. Hery Purnomo agar tercipta sinergitas dan kondusifitas di wilayah hukumnya.

Kapolsek Patrang, AKP. Heri Supadmo, SH. beserta Camat Patrang Haidori dan Muspika Kec. Patrang mengundang beberapa pengurus perguruan pencak silat yang berada di Kec. Patrang bertempat di ruang Camat Patrang Jl. Srikoyo no. 100, Kec. Patrang, Kab. Jember. Dalam forum kali ini pun dihadiri oleh ketua ranting Pagar Nusa, PSHT, Kera Sakti dan Cempaka Putih.

Bak gayung bersambut, acara di hari yang sama (Selasa, 22/03) namum dilaksanakan tempat yang berbeda, Polsek Sukowono Kab. Jember beserta muspika juga menggelar kegiatan yang sama. Kapolsek Sukowon AKP. I Putu Adi Kusuma, S.T., M.H, Camat Sukowono Drs. Joni Pelita, Danramil Sukowono, beserta jajaran terkait turut hadir dalam kegiatan nan hangat tersebut. Ketua ranting PSHT Sukowono dan Pagar Nusa Sukowono pun hadir di dalamnya. "Kami menerima petunjuk dari pimpinan bahwa untuk melaksanakan giat silaturrahmi antar perguruan silat yang ada di wilayah Kec. Sukowono dalam rangka mempererat tali hubungan persaudaraan antar perguruan silat dengan Muspika Kec. Sukowono. Kami juga menghimbau apabila ada kejadian yang melanggar hukum di wilayah lain agar tidak terpancing oleh isu ataupun hoax dan menyerahkan permasalahan kepada aparat yang berwenang". himbau Kapolsek.

Danramil Sukowono Kaptem Arm. M. Ismuni juga senada dalam himbauannya. "Kendalikan emosi masing-masing anggota perguruan silat untuk tidak terlibat dalam permasalahan sebagai penerus generasi bangsa yang indah dan dama". imbuh Danramil.

Dalam kesempatan kali ini Kapolsek beserta Muspika juga segera nembentuk forum komunikasi guna mendekatkan secara emosional antar perguruan sehingga bisa menekan perselisihan diantara perguruan. Menariknya, para pengurus juga akan mengadakan lomba tugu dan bendera yang nantinya akan dilombakan antar kecamatan. Langkah ini sebagai upaya pihak kepolisan dan pemerintah guna mewujudkan sinergitas dan komunikasi antar perguruan pencak silat yang ada di Jember.

Kepolisian dan Muspika juga menghimbau untuk mengadakan kegiatan yang bersifat positif agar terjalin kedekatan hubungan yang erat antar perguruan silat.

Selaras dengan yang diucapkan, ditempat terpisah, Danramil Patrang dalam sambutannya juga menghimbau, Kapten Inf. Hendro Nurdin mengatakan "Para senior di perguruan silat untuk tetap mengingatkan kepada anggotanya agar tetap kompak dan solid. Selain itu perlu wawasan kebangsaan bagi masing-masing anggota perguruan". ujarnya.


Redaksi 

Related

Headline 7006986020569219180

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item