Jelang Bulan Suci Romadhon 1.000 Orang Di Kelurahan Pengantigan Banyuwangi Gelar Tradisi Ngeruwah

Acara Ngeruwah

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Tradisi nyekar ke makam menjelang bulan Ramadan mulai digelar di Banyuwangi. Salah satunya adalah di Kelurahan Pengantigan, Kecamatan Kota Banyuwangi. Mereka menggelar 'Ngeruwah Bareng'. Total ada 1.000 orang turut serta dalam tradisi ini.Tradisi ini digelar dengan mengirim doa pada para leluhur, orangtua dan sanak saudara yang sudah meninggal. Sementara tempatnya, yakni di Tempat Pemakaman Umum (TPU) setempat.

"Ini tradisi bagi warga Nahdliyin dalam menghormati leluhur, orang tua dan keluarga yang meninggal dunia. Kita mendoakan bersama," ujar Ketua Panitia acara, Ustaz Isnaini kepada Media ini Senin (28/3/2022).

Tak hanya itu, Isnaini mengatakan, kegiatan Ngeruwah Bareng ini juga mempunyai nilai positif. Diantaranya, mempererat jalinan silaturahmi antar warga, menciptakan kerukunan masyarakat, memberikan edukasi kepada generasi muda untuk tetap menghormati leluhur atau orang tua serta mengetahui akan silsilah kekerabatan atau keluarga.

"Banyak manfaat yang diterima di kegiatan ini," tambahnya.

Sementara sekretaris kegiatan, Didik Nurcahyo menambahkan, kegiatan ini digelar di TPU setempat. Di sana, masyarakat menggelar doa bersama. Tak hanya itu, digelar pula santunan anak yatim dan tausiah.

"Pembacaan surat yasin, tahlil dan doa bersama. Ada santunan anak yatim dan tausiah," katanya.

Di akhir acara, digelar pula makan bersama nasi ancak. Nasi ini merupakan nasi khas Banyuwangi.

"Kita mempertahankan tradisi khas kami dengan nasi ancak," pungkasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Camat Banyuwangi, Danisworo. Menurutnya, tradisi ini sangat positif. Selain itu, kegiatan ini juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Kami berpesan agar tetap taat prokes dan jaga kesehatan. Acara ini sangat mendukung Banyuwangi Rebound, salah satunya merajut harmoni karena giat ini membangun kebersamaan, kekeluargaan, pererat silaturahim antar warga," pungkasnya.(Nur/Eko)

Related

Pemerintahan 7626412749904466572

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item