Diresmikan, Bupati Arief Berharap Asrama Boarding School MTSN Blora. Dukung Kemajuan Pendidikan

Istimewa

MEMOPOS.com,Blora - Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si menghadiri acara pembinaan dan peresmian pembangunan asrama boarding school Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Blora, yang terletak di Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Senin(28/3/2022).

Bupati Arief bersama dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Jawa Tengah, H. Musta’in Ahmad, S.H., M.H,  didampingi  Kepala Kemenag Blora, H. M. Kafit, S.Ag., M.Pd, melakukan pemotongan pita secara simbolis sebagai tanda diresmikannya gedung tersebut. 

Bupati Blora menyambut baik dengan telah diresmikannya pembangunan gedung asrama MTsN Blora. Diharapkan dengan adanya fasilitas gedung tersebut bisa mendukung kemajuan pendidikan di MTsN Blora agar semakin berkualitas.

"Terkait dengan MTsN kualitasnya tentu harus terus ditingkatkan, karena ini sudah boarding, dengan ini tentu pengawasan lebih mudah, kemampuan bahasa Inggrisnya tadi juga sudah, inovatif berbagai penjurusan," tambahnya

Lanjut Bupati, sehingga dengan semakin berkualitas, maka MTsN Blora dapat semakin kompetitif dan memiliki daya saing.

"Kalau sekolah kualitasnya baik pasti akan dicari orang, apalagi sekarang eranya kompetitif ini harus mampu untuk bersaing, guru-guru ditingkatkan, SDM nya juga," papar Bupati. 

"Ini suatu terobosan yang sangat luar biasa MTsN nya, tinggal nanti saya harapkan MI nya juga," lanjutnya. 

Dihadapan Kakanwil, Bupati Arief menyampaikan, bahwa peningkatan kualitas dan pengembangan SDM di Kabupaten Blora menjadi perhatiannya. 

“Pada prinsipnya peningkatan pengembangan SDM menjadi salah satu visi misi kami, kami ingin menggandeng perguruan tinggi keagamaan untuk anak-anak kita lulusan dari Aliyah, MAN, dan sebagainya kalau mau kuliah dia tidak mampu, kita berikan beasiswa,” terangnya. 

Selain itu, Pemkab turut memberi perhatian kepada guru-guru Madin, TPQ, dan sebagainya. Ia berkeinginan agar juga semakin banyak hafiz dan hafizah yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Termasuk kaitannya dengan pendidikan di pondok pesantren, Pemkab berencana akan menyusun Perda tentang Pondok Pesantren.

“Kita ada program-program, yang kami minta tolong kemenag juga, ini kita tahun ini kami akan susun  Perda tentang pesantren, jadi sudah masuk Prolegda tinggal nanti pembahasannya di akhir drafnya dan sebagainya nantinya dengan Kemenag akan terus bersinergi,” ucap Bupati. 

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Jateng menyampaikan bahwa penyediaan sarana dan prasarana tersebut salah satunya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pendidikan.

“Pemerintah terus melakukan upaya sungguh-sungguh untuk memberi pelayanan semakin baik kepada masyarakat khususnya sarpras, infrastruktur menjadi bagian pokok untuk berkembang jadi luas,” tambahnya

“Kemenag melalui program pembangunan sumber dana SBSN, untuk Kemenag, itu pertama digunakan untuk pembangunan kegiatan fisik madrasah,” tambahnya

Disampaikannya, Kemenag berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan dan peningkatan layanan kepada masyarakat. 

Pihaknya berharap, dengan adanya fasilitas gedung asrama tersebut bisa mendukung MTsN Blora untuk lebih maju. Termasuk rencana dukungan untuk Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) yang ada di Kabupaten Blora.

H. Mustain Ahmad, mengapresiasi perhatian dan dukungan di Kabupaten Blora yang selama ini telah bersinergi dengan Kemenag.

 “Kementerian Agama, Pemerintah pusat, tidak bisa sendirian, dan kita bersama-sama dengan kabupaten untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat,” jelasnya

Kepala MTsN Blora, Adibatus Syarifah, menyampaikan bahwa pada tahun 2021 mendapatkan bantuan pembangunan asrama dengan nilai sekitar 4 miliar rupiah. Menurutnya, asrama tersebut nantinya bisa menampung hingga 96 orang. Pihaknya juga berharap, dengan adanya fasilitas tersebut mampu mendukung proses pembelajaran.

“Kami mohon dukungan bapak Kakanwil dan Bapak Bupati untuk pengembangan kami yang ada di madrasah ini, karena terus terang untuk peminatnya di sini sudah banyak,” tambahnya

“Jumlah siswa MTSN Blora Alhamdulillah dua tahun terakhir mengalami kenaikan, sekarang jumlah siswa kami 647 dengan 23 rombongan belajar,” lanjutnya

Pihaknya menyampaikan, bahwa akan terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan Kemenag Blora dalam pelaksanaan tugas.

“Kami mengucapkan terimakasih atas kerawuhan Bapak Kakanwil dan Bapak Bupati yang sudah hadir, kami Insyaallah akan selalu berkoordinasi dalam melaksanakan tugas-tugas kami,” jelasnya

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Blora, dan jajaran pegawai Kemenag Blora, dan Kepala MTsN dari dari danrah sekitar Blora.

Related

Pemerintahan 2736497030843832219

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item