Baharkam Polri Kembali Cetak Pilot di Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi

5 Polisi saat Mengikuti Penerbangan

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Baharkam Polri kembali mempercayakan pencetakan calon pilot baru ke Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi (APIB). Sebanyak 5 anggota polisi digembleng menjadi pilot selama 8 bulan kedepan. Ini untuk memenuhi kebutuhan pilot di Direktorat Polisi Udara pada Baharkam Polri.

Lima anggota polisi itu dilantik menjadi taruna dalam Pelantikan Calon Taruna Kerjasama Kualifikasi Privat Pilot Licence (PPL) Polisi Udara Angkatan 8 di hanggar Alpha Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi (APIB), Rabu (30/3/2022). Pelantikan Calon Taruna Program Kerja Sama Kualifikasi Private Pilot License (PPL) Polisi Udara Angkatan VIII ditandai dengan pemasangan Chevron secara simbolis kepada salah satu perwakilan taruna.

Hadir dalam pelantikan tersebut adalah Kabaharkam Polri Komjen Arif Sulistyanto; Kakorpolairud; Irjen Verdianto Biticaca; Dirpoludara Brigjend Sumego Adie S; Dirpolair Brigjend Yassin Kosasih; Kabag Katprof Kombes Wayan Suparta; PPK Korpolairud AKBP Bony FD Rosano; Kasubbag Bag Katprof; Kompol Stefanus; Kapolresta Banyuwangi Kombes Nasrun Pasaribu dan Asisten Pembangunan dan Perekonomian, Dwiyanto.

Kabaharkam Polri Komjen Arif Sulistyanto mengatakan Baharkam Polri mempercayakan pendidikan pilot di APIB untuk pemenuhan kebutuhan pilot yang terus meningkat di tubuh Polri. Saat ini, sudah angkatan ke-8 yang dicetak dari akademi pilot yang berada di Ujung Timur Pulau Jawa ini.

"Angkatan ke-8 ini kami tetap percaya dengan APIB. Karena kualitas pilot hasil pendidikan di sini sangat bagus," ujar Arif saat memberikan sambutan Pelantikan Calon Taruna Kerjasama Kualifikasi Privat Pilot Licence (PPL) Polisi Udara Angkatan 8.

Nantinya, usai pendidikan di APIB, mereka akan menjadi co-pilot pesawat dan helikopter Polisi yang didahului dengan pendidikan spesialis/rating. Menurutnya, untuk saat ini, Baharkam Polri membutuhkan kurang lebih 200 pilot untuk pemenuhan kegiatan pengamanan.

"Kami berpesan kepada Taruna untuk mengikuti pendidikan dengan sungguh-sungguh. Cakap dan teliti. Karena nantinya yang adanya bawa itu adalah nyawa penumpang. Dan kami harap setelah lulus menjadi pilot profesional dan membanggakan Polri," pungkasnya.

Sementara itu Direktur APIB Capt. Ahmad Hariri mengatakan lima Taruna dari Baharkam Polri ini bakal menempuh pendidikan selama 8 bulan. Jika lulus, mereka akan mendapatkan Privat Pilot Licence (PPL).

"Ini merupakan angkatan ke 8 kerjasama kita dengan Baharkam Polri," ujarnya.

Hariri menambahkan, selama kerjasama itu, APIB telah meluluskan sebanyak 40 pilot yang ditugaskan diberbagai operator dimana salah satunya jajaran Baharkam Polri.

"Sudah 40 pilot. Tentu dengan berbagai licence yang sudah di tempuh, sesuai dengan kebutuhan Baharkam Polri," pungkasnya.

Sebelumnya para Calon Taruna Program Kerja Sama Kualifikasi Private Pilot License (PPL) Polisi Udara Angkatan VIII telah melaksanakan Madatukar (Masa Dasar Pembentukan Karakter) selama kurang lebih tiga hari yang dimulai sejak Senin (28/03) lalu.(Im)

Related

Metropolis 5743623969144202438

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item