Antisipasi Kecelakaan Di Jalur Kawah Ijen, Jalur Black Spot Dipasang Guardrail

Lokasi Yang Dipasang di Sengkan Mayit Jalur Ijen

MEMOPOS.com Banyuwangi - Jalur black spot Sengkan Mayit, menuju TWA Kawah Ijen akhirnya dipasang pembatas. Ini menyusul sering terjadinya kecelakaan lalu lintas. Beberapa kecelakaan terjadi hingga membuat kendaraan masuk ke jurang sedalam lebih dari 30 meter.Pemasangan pagar pembatas jalan (Guardrail) ini dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Penataan Ruang (PU-CKPR) Banyuwangi.

"Pemasangan alat pembatas Guardrail ini sebagai langkah preemtif guna menekan angka fatalitas korban kecelakaan lalu lintas," ujar Kompol Akhmad Fani Rakhim, Kasat Lantas Polresta Banyuwangi kepada media, Rabu (9/3/2022).

Pemasangan Guardrail ini, kata Fani, karena jalur tersebut sangat rawan bagi pengendara atau pengemudi yang melintas di jalur sengkan mayit atau tikungan mayit tersebut.

"Jalur tersebut tidak terlalu lebar, banyak tikungan curam dan tajam," tambahnya.

Data dari Satlantas Polresta Banyuwangi, lebih dari 10 kasus kecelakaan terjadi di wilayah itu. Apalagi, jalur tersebut merupakan jalur wisata, yang setiap weekend selalu dilalui oleh pengendara yang melakukan kunjungan wisata ke TWA Kawah Ijen.

"Kita imbau pengemudi atau pengendara serta penumpang untuk lebih waspada dan berhati - hati pada saat melintas di jalur black spot sengkan mayit. Pemasangan Guardrail ini tentunya guna meminimalisir dan menekan terjadinya fatalitas korban laka lantas," pungkasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Penataan Ruang (PU-CKPR) Banyuwangi, Danang Hartanto menambahkan, ada 2 guardrail yang di pasang di Sengkan Mayit. Tak hanya itu, rambu-rambu kewaspadaan dipasang pula di sepanjang jalan sebelum dan sesudah Sengkan Mayit.

"Masing-masing kita pasang di Sengkan Mayit. Ada 2 ya di masing masing titik yang dari arah atas sepanjang 36 meter dan yang dari arah bawah sepanjang 32 meter. Kami juga tambah rambu-rambu kewaspadaan untuk pengendara," tambahnya.

Pemasangan guardrail ini, kata Danang, sebagai bentuk kepedulian pemerintah untuk melindungi masyarakat Banyuwangi dan wisatawan yang datang ke Kawah Ijen.

"Ini bentuk support pemerintah dalam keselamatan lalu lintas. Semoga dengan adanya pagar pembatas pengamanan jalan ini bisa meminimalisir fatalitas kecelakaan," pungkasnya.(Im)

Related

Metropolis 7899365277840729670

Posting Komentar

emo-but-icon

Duta Fortuna Reality

Duta Fortuna Reality

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item