Transisi Demografi Di Indonesia Berdampak Pada Aspek Ekonomi,Politik Dan Sosial

Penulis : Ridwan Mansyur (Mahasiswa Prodi Administrasi Publik, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)

MEMOPOS.com,Sidoarjo - Masalah kependudukan di Indonesia adalah masalah tingginya jumlah pertumbuhan penduduk yang disebabkan oleh tingginya jumlah kelahiran. Berdasarkan hasil sensus badan pusat statistik, jumlah penduduk indonesia pada tahun 2020 mencapai 270.203 917 juta jiwa dengan jumlah tersebut menempatkan Indonesia pada posisi negara ke-4 dengan jumlah penduduk terbesar di dunia setelah Amerika Serikat.

Emile Durkheim seorang ahli sosiologis Perancis menekankan perhatiannya pada keadaan akibat dari adanya pertumbuhan penduduk yang tinggi (Weeks, 1992). Ia mengatakan akibat dari tingginya pertumbuhan penduduk, akan timbul persaingan diantara penduduk untuk dapat mempertahankan hidup

Tingginya pertumbuhan penduduk di Indonesia di sebabkan oleh tingginya tingkat kelahiran dan rendahnya tingkat kematian. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya tingkat kematian disuatu negara yaitu :

pertama, Terjadi perbaikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. kedua, Kemajuan sebuah negara dalam menciptakan teknologi obat-obatan. ketiga, Program perbaikan gizi. keempat, Perbaikan lingkungan hidup terutama sanitasi.

Keadaan dimana tingkat kelahiran tinggi dan tingkat kematian rendah dalam ilmu kependudukan disebut dengan Transisi Demografi. Transisi demografi di Indonesia merupakan permasalahan yang harus di selesaikan oleh pemerintah. Salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi pertumbuhan penduduk yang begitu cepat dengan carapemerintah Indonesia membuat Program Keluarga Berencana (KB) dengan idiom Dua Anak Cukup. 

Program Keluarga Berencana (KB) di nilai berhasil dalam mengatasi tingginya perumbuhan penduduk di Indonesia dan telah diakui dunia Internasional dan Lembaga PBB. Program KB di Indonesia di atur dalam UU N0 10 Tahun 1992, yang dijalankan dan di awasi oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berenacana Nasional (BKKBN)

Dampak lain dari transisi demografi adalah terjadinya ketidak merataan penyebaran penduduk. Pulau jawa sebagai pulau dengan penduduk terpadat di indonesia, menambah potensi permasalahan penduduk semakin besar, luas pulau jawa yang hanya 7% dari luaskeseluruhan daratan indonesia,berpotensi menimbulkan permasalahan baru bagi lingkungan

Hal ini di sebabkan karena penyebaran penduduk yang tidak sesuai dengan daya dukung sumber daya alam. Bukan tanpa alasan jika pulau jawa menjadi tempat migrasi bagi sebagian penduduk Indonesia, mengingat pulau jawa merupakan pulau dimana munculnya pusat-pusat politik,ekonomi,sosial dan budaya Melalui program Transmigrasi atau Pemindahan penduduk, pemerintah berusaha mengurai permasalahan ketidak merataan penyebaran penduduk. Program transmigrasi di mulai sejak jaman kolonial belanda sempat terhenti pada masa penjajahan jepang dan pada masa revolusi  mempertahankan kemerdekaa namun pada tahun 1950 program transmigrasi di hadirkan kembali.

Program transmisgrasi pada masa kini tertuang dalam target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2019-2023. Pemerintah menetapkan 144 kawasan transmigrasi, yang terfokus pada 72 satuan pemukiman (SP) dan 20 kawasan perkotaan baru (KPB).

Di sisi lain transisi demografi membawa Indonesia pada bonus demografi di mana populasi usia produktif lebih banyak dibanding usia non produktif. Bonus demografi di Indoesia di prediksi akan berada pada puncaknya tahun 2030.

Pemerintah harus memanfaatkan bonus demografi dengan sebaik-baiknya, karena dengan ketidaksiapan pemerintah menghadapi bonus demografi akan menimbulkan dampak yang akan mempengaruhi proses pembangunan di berbagai aspek. 

Transisi demografi menyebabkan bonus demografi yang berdampak pada tatanan Ekonomi,Politik dan Sosial Pada aspek Ekonomi, Jika di lihat dari jumlah tenaga kerja dan pengangguran di Indonesia tingginya pertumbuhan penduduk benar-benar berdampak pada aspek ekonomi.

 Seperti di kutip dari Badan Pusat Statisik (BPS) jumlah angkatan kerja pada tahun 2021 sebanyak 139,81 juta, tingkat Pengangguran Terbuka (PTP) Februari 2021 sebesar 6,2 % dan Sebanyak 78,14 juta orang (59,62 persen) bekerja pada kegiatan informal. Namun pertumbuhan ekonomi indonesia year on year (y-o-y) pada triwulan III 2021 mengalami peningkatan di hampir seluruh wilayah.

 Idealnya adalah tingginya pertumbuhan penduduk harus sejalan dengan tingginya pertumbuhan ekonomi.

Meningkatnya populasi usia produkif merupakan peluang bagi pemerintah untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan kualitas sumber daya manusia yang baik maka akan berdampak pula pada kualitas pengelolaan sumber daya alam.

Partisipasi usia produktif dalam pembangunan ekonomi harus menjadi perhatian bagi pemerintah. Pemerintah harus menciptakan perluasan lapangan pekerjaan dan memberikan wadah atau tempat pengembangan usaha bagi pekerja produktif guna menciptakan kemandirian financial. Karena dengan begitu dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi sekaligus dan penuruan jumlah pengangguran akan terasa nyata.

Pada Aspek Sosial, Menurut (todaro,1979) problem utama di negara berkembang bukan masalah tingginya tingkat kelahiran, melainkan masalah keterbelakangan dan tingkat penghidupan penduduk yang rendah. Secara teoritis pertumbuhan penduduk yang tinggi menimbulkan dampak negatif karena meningkatnya kebutuhan layanan sosial ekonomi.

Berdasarkan data BPS jumlah penduduk miskin pada Maret 2021 mencapai 27,54 juta orang. Secara persentase jumlah penduduk miskin Indonesia sekitar 10,14 persen. Angka itu turun 0,05 persen dibandingkan September 2020 yang sebesar 10,19 persen. Di mana pada September 2020 tercatat 27,55 juta jiwa

Penduduk miskin adalah penduduk yang memiliki rata-rata pengeluaran perkapita per bulan di bawah garis kemiskinan (GK). Pada Maret 2021 tercatat sebesar Rp. 472.525/kapita/bulan. 

Artinya, hampir 10 persen penduduk Indonesia memiliki rata-rata pengeluaran per bulan kurang dari Rp. 472.525 dan masuk kategori penduduk miskin.

Kemiskinan menjadi faktor utama penyebab rendahnya tingkat pendidikan,buruknya gizi pada anak, dan ketidakmampuan memenuhi layanan kesehatan. Jumlah populasi penduduk miskin di kota sebesar 7,89 atau sebanyak 12,18 juta orang,Sementara di desa 13,10 persen atau 15,37 juta penduduk miskin. Kemiskinan berakibat pula pada meningkatnya angka kriminalitas,meningkatnya jumlah pekerja anak,serta meningkatnya kebutuhan fasilitas sosial.

Pada Aspek Politik, ada pada serangkaian kebijakan yang di buat oleh pemerintah,kebijakan merupakan hasil keputusan politik yang di dalamnya terdapat dua kepentingan pertama, kepentingan politik untuk tujuan bersama yang akan berdampak pada kesejahteraan penduduk. kedua, kepentingan politik untuk tujuan golongan yang akan berdampak hanya untuk segelintir golongan saja 

Indonesia dengan jumlah penduduk terbesar No- 4 di dunia, di mana pertumbuhan penduduk ikut mempengaruhi sistem politik,maka pertumbuhan penduduk di rasa penting untuk  memperkuat demokrasi politik yang ada di Indonesia. Dalam sistem politik membutuhkan sumber daya manusia berkualitas untuk mewujudkan pembangunan politik yang ideal Pertumbuhan penduduk yang pesat di manfaatkan pula oleh kelompok politik untuk memperkuat kekuatan politik, seperti pada pengumpulan masa dan pegumpulan suara guna mendukung kepentingan politik kelompok tertentu.

Maka transisi demografi yang membawa bonus demografi merupakan peluang bagi pemerintah guna pemanfaatan tenaga kerja produktif untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan. 

Bonus demografi tidak akan memberikan pengaruh apa-apa tanpa ada kesiapan, perbaikan dan pembenahan di berbagai Aspek. Penduduk dan pemerintah merupakan wadah kolaborasi guna membangun tatanan ekonomi,politik dan sosial guna menciptakan kesejahteraan bersama

Related

Opini 3026104435078367627

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item